Imbas Covid-19 Stok Darah di PMI Kurang, Polres Palopo dan Bhayangkari Lakukan Ini

63
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA–Sebagai wujud kepedulian Polres Palopo dan Bhayangkari Cabang Palopo di tengah penyebaran Covid-19, digelar aksi donor darah dengan bekerjasama dengan PMI cabang Kota Palopo, bertempat di Aula Bhakti Pratidina, Mako Polres Palopo, Kamis, 16 April 2020, mulai pukul 09.00 Wita.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Memberikan contoh kepada personelnya, Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas SH SIK MH pertama kali memberikan darah untuk didonorkan diikuti Pejabat Utama, Jajaran Polres Palopo dan Bhayangkari.

ADVERTISEMENT

Kapolres menyampaikan kegiatan donor darah ini untuk membantu ketersediaan darah di Markas PMI maupun unit Transfusi Darah RSUD agar dapat dipergunakan membantu pasien atau masyarakat yang membutuhkan.

Ia menuturkan, semua anggota ikut mendonorkan. Tapi, sebelum diambil darahnya terlebih dahulu diperiksa, jika dinyatakan sudah steril atau memenuhi syarat, maka bisa mendonorkan darah.

ADVERTISEMENT

Dalam kegiatan itu sebanyak 60 personel Polres Palopo ikut menyumbangkan darahnya.

Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas juga menambahkan, kegiatan donor darah ini sesuai dengan instruksi pimpinan dari Mabes Polri dan jajaran Polda Sulsel sampai ke tingkat Polres Palopo sesuai dengan tema “dalam rangka membantu ketersedian darah di PMI” terutama dalam menghadapi pandemi virus Corona, penyebab penyakit Covid-19 di Indonesia.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Jadi kami dari Kepolisian Resor Polres Palopo peduli dan ambil bagian dalam kegiatan untuk mendonorkan darah,” ujar AKBP Alfian Nurnas.

“Sebelum pelaksanaan donor darah, terlebih dahulu dilaksanakan protokol kesehatan mencegah Covid-19 seperti pengecekan suhu badan, penggunaan masker dan pengaturan jarak saat pengambilan darah. Anggota Polres Palopo yang sudah dinyatakan layak, maka bisa mendonorkan darah secara langsung,” terang Kapolres.

Kapolres menandaskan, penyebaran wabah Covid-19 banyak menyedot perhatian semua pihak, sehingga kondisi itu mengakibatkan stok darah PMI semakin berkurang.

“Sesuai imbauan Kapolri, kita partisipasi donor darah. Jangan sampai PMI dan Rumah Sakit kekurangan stok darah, terlebih dalam kondisi mengahadapi virus corona ini,” pungkas dia. (*/iys)

ADVERTISEMENT