Ini Daftar 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik di Luwu Raya Versi Kemenristekdikti 2018

17283
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kementrian Riset, teknologi dan Pendidikan Tinggi ( Kemenristekdikti) melaunching daftar pemeringkatan perguruan tinggi seluruh Indonesia tahun 2018 Agustus lalu.

Ada 2010 perguruan tinggi negeri dan swasta yang dinilai. Untuk urutan pertama secara nasional diraih Institut Teknologi Bandung ( ITB). Perguruan tinggi kebanggan masyarakat Sulsel, Universitas Hasanuddin ( Unhas) bertengger di posisi ke-8.

ADVERTISEMENT

Sementara di Luwu Raya, mantan Rektor Universitas Cokroaminoto Palopo, Prof Suaedi, menyusun 10 besar perguruan tinggi berdasarkan pemeringkatan Kemenrisetdikti tersebut. Bahkan dia membandingkannya dengan pemeringkatan tahun 2017 lalu.

Di peringkat pertama ada Universitas Cokroaminoto Palopo ( UNCP). Secara nasional kampus ini berada pada urutan ke 160 pada tahun lalu. Tahun ini peringkatnya melorot menjadi 266.

ADVERTISEMENT

Di peringkat kedua ada STIE Muhamadiyah Palopo. Tahun 2017 STIEM berada di posisi 178 nasional, tahun ini turun ke posisi 266.

Sedangkan Universitas Andi Djemma ( Unanda) Palopo yang saat ini sementara dalam tahap penegerian hanya berada di posisi ke- 6 di Luwu Raya ( daftar lengkapnya lihat tabel)

Suaedi mengatakan indikator yang dinilai adalah skor hasil konversi yang terdiri dari bobot SDM, bobot akreditasi, penelitian, inovasi dan lainnya.

” Daftar ini saya buat khusus untuk perguruan tinggi di Luwu Raya. Berdasarkan hasil pemeringkatan dari Kemenristekdikti,” katanya, Sabtu (08/09/2018). (adn)

ADVERTISEMENT