Ini Jadwal Pelantikan PAW Legislator Hanura Palopo

941
Muh Idris

PALOPO — DPRD Kota Palopo akan segera menggelar rapat paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW) legislator Hanura Palopo. Diketahui, satu dari dua kursi Partai Hanura di DPRD Kota Palopo kosong pasca ditinggal Asli Kaspen yang tutup usia pada Senin (16/4/18) lalu. Penggantinya adalah Muh Idris yang memiliki suara terbanyak kedua di partai tersebut dari dapil I Kota Palopo.

Ketua DPRD Palopo, Harisal A Latief yang dikonfirmasi Koranseruya.com Selasa (14/8/18) mengatakan, pihaknya melalui badan musyawarah (bamus) sudah menggelar rapat untuk menentukan waktu pelantikan. “Awalnya, bamus menyetujui dilakukan pelantikan pada Kamis lusa mendatang. Tapi kita sibuk. Bertepatan dengan agenda pembahas KUA-PPAS APBD Perubahan tahun anggaran 2018 dan tidak memungkinkan dilakukan rapat paripurna,” kata Harisal dibalik ponselnya. Olehnya itu, jadwal pelantikan diundur sehari setelah hari raya idul adha. “Rencananya, Kamis tanggal 23 Agustus mendatang. Sehari setelah hari raya,” tandas Harisal.

Sementara itu, Muh Idris yang kebetulan berada di DPRD Palopo melakukan konsultasi terkait pelantikan mengatakan SK penetapannya dari Gubernur Sulsel sudah di tangan sejak tanggal 10 Agustus lalu. “SK sudah ada dinda, tinggal menunggu waktu saja,” katanya. Muh Idris mengaku siap mengemban amanah rakyat yang dititipkan di pundaknya. “Soal kesiapan, saat maju caleg 2014 lalu sudah siap. Untuk apa kita jadi caleg kalau tidak siap. Insya Allah saya akan berusaha memperjuangkan aspirasi masyarakat,” tandasnya.

Sekadar tambahan, almarhum Asli Kaspen digantikan oleh peraih suara terbanyak kedua di Partai Hanura dapil 1 setelah Asli Kaspen. Ia adalah Muh Idris. Asli Kaspen saat pileg tahun 2014 lalu meraih suara sebanyak 882, sedangkan Muh Idris sebanyak 703 suara. Asli Kaspen lahir di Palopo, 25 Mei 1952 silam. Ia engawali karirnya sebagai birokrat. Sebelum pensiun dia pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Setelah pensiun, pada tahun 2009 lalu Asli terjun ke dunia politik, dia memilih partai Hanura dan duduk selama dua periode dan sempat menjabat Ketua DPC Hanura Palopo. (asm)