Ini Lima Tokoh yang Digadang-gadang Jadi Pendamping Budiman di Luwu Timur

6132
ADVERTISEMENT

LUTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur tinggal menghitung hari akan malaksanakan penetapan kepada calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dan akan disusul dengan pelantikan Kepala Daerah terpilih yakni pasangan Muhammad Thoriq Husler-Budiman.

Namun dalam pelantikan ini nantinya, hanya ada Budiman yang akan dilantik, sementara Muhammad Thoriq Husler diketahui telah wafat pada Kamis 24 Desember 2020 pagi, di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

ADVERTISEMENT

Sehingga untuk mengisi kekosongan kursi wakil bupati Luwu Timur sejumlah nama dari partai pengusung digadang-gadang akan mendampingi Budiman untuk 5 tahun kedepan dalam memimpin Luwu Timur.

Sejumlah nama tersebut, 4 diantaranya merupakan anggota DPRD Luwu Timur yang merupakan dari partai pengusung diantaranya, Rully Herawan sekaligus Sekretaris partai Hanura Luwu Timur, Usman Sadik Ketua PAN Luwu Timur dan Mahading serta Herianti Harun dari Partai Golkar.

ADVERTISEMENT

Selain ke-empat anggota DPRD itu, Andi Zulkarnain juga kini digadang-gadang akan mendampingi Budiman. Andi Zulkarnain merupakan sekretaris partai Golkar Luwu Timur.

Terkait dengan 5 nama yang digadang-gadang untuk mendampingi Budiman, Pengamat Politik Luwu Raya, Dr Syahiruddin Syah mengungkapkan jika sebaiknya calon yang bisa mendampingi adalah dari kalangan partai pengusung.

“Etikanya dalam politik, sebaiknya calon yang bisa mendampingi pak Budiman sebagai wakil bupati ke depan adalah dari kalangan partai pengusung Paslon Husler Budiman,” kata Dr Syahiruddin Syah, kepada Koranseruya.com, Rabu (17/2/2021).

Akan tetapi, menurutnya, padangan dan tanggapan dari Budiman juga perlu. Siapa yang pantas mendampinginya untuk menjalankan roda pemerintahan 5 tahun ke depan.

“Namun tetap dimintai pandangan dan tanggapan dari pak Budiman siapa yang pantas mendampinginya dan bisa diajak kerja sama dalam menjalankan roda pemerintahan 5 Tahun ke depan,” jelasnya

Tetapi, lanjut, Syahiruddin Syah tidak menutup kemungkinan calon bupati terpilih juga akan mengusulkan dari kalangan keluarga Husler yang berasal dari partai politik. Sebab menurutnya, keluarga Husler yang banyak memberikan kontribusi di dalam pilkada.

“Tidak menutup kemungkinan Budiman juga mengusulkan dari kalangan keluarga Husler yang berasal dari partai politik pengusung, sebagai wujud terimakasih Budiman kepada keluarga Husler yang banyak memberikan kontribusi di dalam pilkada, dan tetap terjalin hubungan silaturrahmi diantara kedua keluarga pasangan terpilih,” ucapnya.

“Ini tergantung dari kemauan politik Budiman dan partai pengusung. Agar tidam terjadi disharmonisasi politik antara pengusung dan pendukung, dan juga mengantisipasi dampak gejolak politik di wilayah Lutim,” tutup Dr Syahiruddin Syah.

Sebelumnya, Puspita Husler dan Taqwa Muller didorong oleh sejumlah partai pengusung untuk mendampingi Budiman. Puspita sendiri merupakan istri almarhum Thoriq Husler.

Sementara, Taqwa merupakan adik kandung Thoriq Husler

(Rah)

ADVERTISEMENT