Ini Strategi Jitu Rekrut Karyawan ala TDA Luwu Raya

670
ADVERTISEMENT

PALOPO – Komunitas Tangan di Atas (TDA) Luwu Raya kembali menggelar acara kopi darat(kopdar) di Cafe News Seruya, Senin (5/11) siang. Kegiatan ini bertajuk strategi efektif merekrut karyawan. Pesertanya berasal dari para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) se-Luwu Raya.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Ketua Divisi Kerjasama External TDA Luwu Raya, Saiful Haq mengatakan kopdar ini diadakan terkait dengan keluhan dari beberapa anggota TDA yang kewalahan dalam merekrut karyawan dalam usahanya.

“Kami mendengar beberapa keluhan dari teman-teman para pelaku UKM, dimana sering kali pada saat dia merekrut anggota atau karyawan, banyak dari karyawannya yang keluar masuk, dan tidak bertahan lama,” kata Saiful.

Dia mengimbau kepada para pelaku UKM agar dalam merekrut karyawan hendaknya melakukan penyeleksian sebelum merekrut karyawan. Penyeleksian itu seperti menyampaikan kepada para calon tenaga kerja ini mengenai tantangan kerja yang dihadapi, jam kerja, sistem penggajian dan lain-lain.

ADVERTISEMENT

Selain itu, dia juga menyampaikan untuk mengenali kepribadian dengan tes 4 kepribadian calon karyawan yang akan direkrut, yaitu dominan, intim, stabil dan cermat (DISC). “Dari kepribadian ini pengusaha bisa mengetahui kepribadaian calon karyawannya sehingga pekerjaan yang diberikan cocok bagi calon karyawan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu peserta, Flory mengatakan sudah 2 kali mengikuti acara ini dan menurutnya selama mengikuti acara ini banyak ilmu yang ia dapat.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Saya senang mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh komunitas TDA. Dimana banyak ilmu yang saya dapat dan sangat bermanfaat, selain itu selama mengikuti acara ini gratis, tidak pernah dibayar,” kata Flory yang juga memiliki usaha penjual obat-obatan herbal di kota Masamba. (jun/liq)

ADVERTISEMENT