Inna Lillahi… Ulama Karismatik, yang Juga Ketua MUI Sulsel, KH Sanusi Baco Tutup Usia

148
ADVERTISEMENT

MAKASSAR–Inna lillahi wainnailaihi rajiuun…

Kabar duka datang dari ulama kharismatik Sulawesi Selatan, yakni Ketua MUI Sulsel, KH Sanusi Baco yang dikabarkan telah berpulang pada malam ini, Sabtu 15 Mei 2021.

ADVERTISEMENT

Kabar wafatnya Anregurutta Al Mukarram KH. Sanusi Baco salah satunya dikabarkan oleh Kepala Balai Litbang Agama Makassar Haji Saprillah Syahrir Al-Bayqunie.

“innalillahi wa inna ilaihi rajiun. AGH. Sanusi Baco meninggal dunia,” tulis Saprillah.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, dikabarkan AGH Sanusi Baco sedang sakit dan dirawat di ICU Rumah Sakit Primaya (dulu Awal Bros).

Sekilas Tentang Almarhum

ADVERTISEMENT

Riwayat hidup Almarhum seperti dilansir dari Tribun News, pada tahun 1967, Almukarram Anre Gurutta Sanusi Baco berniat untuk melanjutkan kuliah S-2 di Al-Azhar.

Namun terpaksa ditarik pulang ke tanah air oleh pemerintah Indonesia karena Gurutta Sanusi Baco mendaftar sebagai tentara sukarela untuk berperang melawan Israel.

Persahabatannya dengan Gusdur terus berlanjut, baik saat kuliah di Al-Azhar maupun setelah pulang dari Mesir. Di Al-Azhar bersama Gusdur, dirinya menjadi pengurus Mahasiswa yang berada di Al-Alzhar.

Hanya saja kebersamaan mereka di Al-Azhar tidak berlangsung lama, karena Sanusi Baco harus kembali ke Indonesia, begitu dia berhasil meraih gelar sarjana. Keinginannya untuk melanjutkan ke S2 batal, karena dia minta kembali ke Indonesia setelah dirinya mendaftarkan diri untuk menjadi pasukan melawan tentara Israel.

Data diri:

Nama: Anregurutta KH Sanusi Baco
Lahir: Maros, 4 April 1937
Ayah: Baco
Ibu:
Istri: Dra. Hj. Aminah (Alm)
Anak: 8 Orang

Pendidikan:

Pondok pesantren Darud Da’wah wal Irsyad (DDI) Mangkoso, Barru. S1 Universitas Al-Azhar Kairo –Mesir
Jabatan sekarang:

BA Universitas Muslim Indonesia Ketua Umum MUI Sulsel Rais Syuriah PWNU Sulawesi Selatan Ketua yayasan masjid Raya Makassar.

(*)

ADVERTISEMENT