INNALILLAHI! Baru Pulang dari Makassar, Pasien Positif Corona di Tator Meninggal Dunia

846
Plt Kadis Kesehatan Tana Toraja, Mariana Belo didampingi tim Satgas COVID-19 mengumumkan satu pasien COVID-19
ADVERTISEMENT

MAKALE–Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja, Mariana Belo, bersama tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kabupaten Tana Toraja, mengumumkan kabar kurang menggembirakan, Selasa(23/6).

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Salah seorang pasien terkonfirmasi positif terpapar covid-19 atau virus corona di Kabupaten Tana Toraja meninggal. Pasien ini baru tiba dari Makassar.

“Kabar duka ini kami sampaikan, ada penambahan satu kasus baru pasien terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode Tes Cepat Molekuler atau TCM. Pasien ini meninggal dunia,” ujar Mariana Belo, saat jumpa pers di Makale.

Dijelaskan, pasien baru yang terkonfirmasi positif terpapar covid-19 ini adalah pasien nomor 08 berjenis kelamin laki-laki, 45 tahun, alamat desa Gandang Batu kecamatan Gandang Batu Sillanan. “Pasien positif 08 ini telah meninggal dunia, Senin (22/6/2020) lalu,” urainya.

ADVERTISEMENT

Berdasarkan hasil tracking terhadap riwayat perjalanan pasien 08 itu, diketahui baru saja kembali dari Makassar dan tiba di Tana Toraja pada tanggal 15 Juni 2020 lalu. Yang bersangkutan tidak melapor ke petugas puskesmas dan pemerintah setempat.

Setelah beberapa hari di rumah, pasien 08 mulai sakit dan melapor ke pemerintah setempat. Selanjutnya, pemerintah setempat berkoordinasi dengan petugas kesehatan dan petugas kesehatan mengunjungi dan memberi obat pada Sabtu (20/6/2020) lalu. Namun, pasien tersebut meninggal dunia, Senin malam tanggal 22 Juni 2020.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Tim Satgas melakukan pengambilan sampel cairan tenggorokan untuk pemeriksaan dengan metode TCM dengan hasil positif COVID-19. Dasar inilah sehingga Satgas Covid-19 Tana Toraja melakukan pemakaman pasien 08 dengan protokol COVID-19,” ujar Mariana.

Dengan diumumkannya satu kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 di kabupaten Tana Toraja, Satgas Covid-19 Tana Toraja telah mencatat sudah 8 kasus terkonfirmasi positif. Dengan rincian, 6 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh. Satu pasien dirujuk ke Makassar dan kasus yang terakhir dinyatakan meninggal dunia.

Koordinator Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja, Berthy Mangontan mengatakan, tim satgas sedang melakukan tracking terhadap riwayat kontak pasien positif 08 tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans.

Tracing ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus corona dari pasien positif di lingkungan masyarakat. “Petugas juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah pasien 08 yang meninggal dunia tersebut,” katanya. (*/tari)

ADVERTISEMENT