Investasi Hingga Rp 300 Miliar, Intip Fasilitas Fakultas Kedokteran Universitas Mega Buana Palopo

153
ADVERTISEMENT

PALOPO — Universitas Mega Buana Palopo merupakan perguruan tinggi pertama sebagai penyelenggara Fakultas Kedokteran di Luar Kota Makassar dan Pertama di wilayah Tana Luwu. Hal itu setelah SK pembukaan program studi tersebut terbit pada 28 Februari 2024, lalu.

Selain menjadi perguruan tinggi pertama UMB Palopo bahkan disebut sebut memiliki fasilitas yang sangat lengkap, utamanya laboratorium praktik untuk mahasiswa kedokteran yang dilengkapi dengan tekhnologi terkini (Lihat Box). Atas hal itu juga Direktur Kelembagaan Dikti Kemendikbud Ristek, Dr. Lukman, S.T, M.Hum saat penyerahan SK tersebut memberikan apresiasi atas terbitnya izin penyelenggaraan yang lebih cepat melihat kesiapan yang dinilai betul-betul siap. pasalnya pembukaan Fakultas Kedokteran ini bukan hal mudah, sebab dibutuhkan komitmen serta anggaran yang lebih untuk pembukaannya.

ADVERTISEMENT

Disebutkan Dr Lukman, anggaran pembukaan Fakultas berkisar Rp200 M hingga Rp300 Miliar untuk bisa membuka kedokteran, dan disebutkan ini sulit bagi Perguruan Tinggi yang memang secara financial belum memenuhi. Dan, UMB Palopo sudah memenuhi secara ketentuan. Dengan kelengkapan fasilitas yang dimilikinya membuat calon yang kuliah disini jauh lebih sehingga tak perlu biaya untuk keluar kota untuk praktik, sebab ditunjang dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Melihat kesiapan yang ada tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD, K-GH, SpGK juga menuturkan bahwa FK UMB Palopo yang merupakan binaannya memang sangat layak mendapatkan SK pendirian Kedokteran lebih cepat. Alasannya adalah persiapan pembukaannya yang sangat lengkap, itu bisa dilihat dari perguruan tinggi diterima, dimana sebanyak 55 perguruan tinggi yang mengusul, hanya 25 yang diterima termasuk UMB Palopo.

ADVERTISEMENT

” Berarti hanya ada 50 persen, dan salah satu diantaranya dan yang pertama di Sulawesi untuk pengusulan pembukaan Prodi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter adalah Universitas Mega Buana, “jelasnya dan hebatnya lagi yang pertama di Sulawesi pengusulan pembukaan Prodi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter adalah Universitas Mega Buana. (*)

Fasilitas Fakultas Kedokteran UMB Palopo

LABORATORIUM :
= Lab Anatomi
= Lab. Histologi
= Lab. Patologi Anatomi
= Lab. Biokimia
= Lab. Patologi Klinik
= Lab. Fisiologi
= Lab. Farmakologi
= Lab. Mikrobiologi
= Lab. Parasitologi
= Clinical Skills Laboratorium
= Lab. OSCE
= Lab. CBT
= Perpustakaan
= Rumah Sakit

KEUNGGULAN
= Akreditasi Institusi Baik Sekali Dari BAN-PT
= Rumah Sakit Milik Sendiri
= Laboratorium Milik Sendiri Terlengkap Dengan Teknologi Terkini
= CBT (Computer Based Test) Centre
= Perpustakaan Fakultas Kedokteran

PERJALANAN UMB PALOPO SEBAGAI PERGURUAN TINGGI PERTAMA DILUAR KOTA MAKASSAR PENYELENGGARA FAKULTAS KEDOKTERAN DILUAR KOTA MAKASSAR
– Perencanaan Pendirian Fakultas Kedokteran Bersamaan Dengan Awal berdirinya Rumah Sakit Mega Buana Palopo (7 November 2016).
– Proses Pengajuan izin penyelenggaraan, dimulai Pengajuan ke Kementerian Kesehatan (24 agustus 2023),
– Divisitasi oleh Kemenkes (2 September 2023),
– Mendapatkan Rekomendasi Kemenkes (12 September 2023)
– visitasi gabungan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan,Riset dan Teknologi (12 Desember 2023
– Terbit Izin Penyelenggaraan Program Studi Kedokteran (28 Februari 2024).

 

ADVERTISEMENT