Istri Bupati Lutim Narasumber Sosialisasi Peran Perempuan Dalam Mensukseskan Agenda Demokrasi

16
ADVERTISEMENT

MALILI — Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Sufriaty Budiman memaparkan materi tentang Politik, Perempuan dan Gender pada Sosialisasi Pendidikan Pemilih dengan tema “Peran Perempuan Dalam Mensukseskan Agenda Demokrasi Tahun 2022” di Brothers Coffee, Rabu (12/10/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh Pengurus TP PKK Lutim, Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan organisasi wanita lainnya.

ADVERTISEMENT

Dalam paparannya, Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Sufriaty Budiman menjelaskan, untuk mendorong peningkatan partisipasi politik perempuan harus dimulai dari pendidikan keluarga, bahwa berkiprah serta berpartisipasi di dunia politik adalah salah satu bagian yang penting untuk membangun masyarakat, bangsa dan Negara.

“Kaum perempuan harus berani tampil dan memiliki kepekaan untuk berpartisipasi dalam dunia politik untuk memberikan pemahaman bahwa dengan adanya keterlibatan perempuan akan dapat mewujudkan demokrasi yang adil gender,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Menurut Sufriaty, ada tiga faktor yang memberi harapan terbukanya peluang kepada kaum perempuan untuk meningkatkan perannya di dunia politik. Pertama, makin banyak perempuan yang berpendidikan dan memiliki kesadaran pentingnya perempuan terjun ke dunia politik untuk berpartisipasi membangun Indonesia.

“Kedua, Tren politik nasional di era Orde Reformasi yang memberi alokasi 30 persen kepada kaum perempuan untuk menjadi calon anggota legislatif dan ketiga telah muncul Walikota/Bupati dari kalangan perempuan di beberapa daerah yang berhasil memimpin daerahnya, Ketiga, Pemilu yang bersih tanpa diciderai dengan tindakan yang merusak demokrasi,” jelas Sufriaty. (rls)

ADVERTISEMENT