Jadi Konten Kreator dan Viral di Indonesia, Atlet Taekwondo asal Negeri Tetangga Ini Ungkap Tips Suksesnya

162
Atlet taekwondo asal Singapura, Ng Ming Wei (25 tahun) viral di Sosmed
ADVERTISEMENT

ATLET taekwondo asal Singapura, Ng Ming Wei (25 tahun) sering menjadi perbincangan di media sosial lantaran konten videonya yang menarik dan relevan bagi banyak orang, tidak terkecuali audiens Indonesia yang menikmati kontennya di media sosial. Atlet peraih medali emas pada Commonwealth Taekwondo Championships 2017 ini, sekarang aktif menjadi seorang video content creator profesional di Likee, platform global terkemuka berbasis di Singapura untuk menyaksikan dan membuat video pendek.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Ming bergabung di Likee untuk mempromosikan olahraga Taekwondo melalui konten video pendek di sela-sela kesibukannya berlatih sebagai seorang atlet profesional. Yang awalnya hanya ingin memperkenalkan olahraga Taekwondo, Ming mulai menyukai kegiatan membuat video pendek hingga dapat menjadi seorang content creator profesional, yang menciptakan berbagai macam jenis konten untuk para penggemarnya. Selain berlatih Taekwondo, membuat video pendek juga telah menjadi rutinitas keseharian Ming, tidak tanggung-tanggung ia bahkan sampai merekrut videografer dan beberapa anggota tim untuk membantunya membuat lebih banyak konten, yang dapat memakan waktu hingga dua belas jam setiap harinya.

Namun, karena adanya pandemi Covid-19 Ming tidak dapat bertemu anggota timnya bahkan harus merelakan partisipasinya dalam ajang olimpiade internasional yang tidak jadi digelar. Tidak ingin berhenti sampai di sini, Ming tetap menjalani rutinitasnya selama pandemi berlangsung dibantu oleh anggota keluarganya agar terus dapat membuat konten dari rumah. “Pada awalnya saya sedikit kecewa karena saya tidak yakin apa yang harus dilakukan, tetapi kemudian saya sampai pada kesimpulan bahwa kita harus memanfaatkan apa yang kita miliki. Jadi yang terpenting adalah menjadi versi diri kalian yang terbaik. Jika saya bisa membuat video di rumah itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Saya mencoba memanfaatkan dan mencoba menemukan apa yang saya bisa lakukan dan memaksimalkannya,” jelasnya.

Tidak hanya menjadi seorang atlet yang gigih dan disiplin, Ming juga bersungguh-sungguh dan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi seorang content creator profesional dengan menghasilkan karya-karya terbaiknya. “Saya merasa ketika saya memutuskan untuk melakukan sesuatu, saya memastikan untuk melakukan yang terbaik. Ketika umur saya masih kecil saya menyaksikan pertunjukan gulat dan itu membuat saya ingin belajar Taekwondo. Ketika saya bergabung ke dalam suatu olahraga, saya ingin melakukannya dengan baik sehingga saya berusaha lebih keras untuk itu. Saya ingin menjadi yang terbaik dalam apa yang saya lakukan.”

ADVERTISEMENT

 

Motivasi terbesarnya untuk terus membuat konten video pendek berasal dari jumlah views, semakin banyak orang yang menonton kontennya semakin besar pula waktu dan biaya yang Ming investasikan untuk membuat video yang seprofesional mungkin karena Ia tahu sebagian orang telah menantikannya. Karena kerja kerasnya tersebut, Ia berhasil mendapatkan 1,34 juta followers di Likee dan menjadi content creator global karena kontennya tidak hanya dinikmati oleh pengguna Likee di Singapura namun, juga disukai banyak pengguna Likee dari Indonesia. 

“Saya tahu (banyak penonton Indonesia) ketika ada orang Indonesia yang suka mengirimi saya pesan seperti ‘hai video kamu viral di halaman media sosial di Indonesia’ banyak penggemar saya dari Indonesia yang membagikan konten saya di media sosialnya, jadi saya tahu itu. Saya cek halaman media sosial saya, saya lihat ada sekitar 150.000 penggemar dari Indonesia (lebih dari 20%),” jelasnya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Ming menjelaskan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika ingin menjadi content creator global, “Yang pertama, dari aspek pengambilan video, lokasi, warna, dan audio yang kalian gunakan memainkan peran penting dalam kualitas video yang diciptakan. Buat video dengan kualitas sebaik mungkin yang dapat kalian buat. Kedua, teruslah membuat konten, walaupun video-video sebelumnya kurang memuaskan, jangan menyerah dan jangan pedulikan perkataan orang lain jika kalian benar-benar suka melakukan hal ini. Pasti kalian akan segera menemukan konten yang cocok bagi kalian jika terus melakukannya. Yang ketiga, kalian harus perhatikan apa yang membuat orang lain ingin menonton video kalian, kenapa orang lain mau nonton. Ini yang harus diperhatikan jika kalian ingin membuat konten yang dapat dinikmati orang lain.” pungkasnya.

“Pada akhirnya saya ingin membuat video saya lebih global dan saya masih berusaha menuju titik itu, dan saya tahu masih banyak yang harus dilakukan untuk melanjutkannya. Saya menaruh banyak waktu untuk ini,” tambah Ming. 

Ming merasa bersyukur telah bergabung menjadi content creator di Likee dan berterima kasih atas dukungan Likee terhadap konten-konten yang telah Ia buat sehingga Ming dapat dikenal dan kontennya dapat dinikmati oleh lebih banyak orang dari berbagai negara.  (*/iys)

ADVERTISEMENT