Jadi Pemateri LK II, Presidiuam KAHMI Sulsel Muhammad Fauzi Bahas Pengkaderan HMI di Era Digital

71
Presidium Majelis Wilayah (MW) KAHMI Sulsel Muhammad Fauzi menjadi pemateri pada Latihan Kader (LK) II HMI Cabang Sinjai di Wisma Hawai, Sinjai, Jumat (29/7/2022)
ADVERTISEMENT

SINJAI — Presidium Majelis Wilayah (MW) KAHMI Sulsel Muhammad Fauzi menjadi pemateri pada Latihan Kader (LK) II HMI Cabang Sinjai di Wisma Hawai, Sinjai, Jumat (29/7/2022).

Anggota DPR RI ini membawakan materi Tantangan HMI Menghadai Era Digitalisasi. Sekitar 2 jam lamanya, Fauzi memaparkan terkait tantangan era digital saat ini dan kesiapan kader HMI.

ADVERTISEMENT

“Pengkaderan HMI harus mampu menjawab tantangan era digital saat ini. Kader HMI harus mampu bersaing dan beradaptasi di tengah kehidupan yang terdigitalisasi,” kata Fauzi.

Selain itu, menurut Fauzi, HMI dan KAHMI sudah harus mulai memikirkan tentang pola pengkaderan dengan mempertimbangkan perubahan zaman yang semakin terdigitalisasi. Seperti halnya kampus dan perkuliahan yang ke depan kemungkinan sudah semakin sedikit pertemuan tatap muka.

“Bisa saja lima tahun ke depan, kuliah sudah lebih banyak sistem daring/online. Sehingga HMI pun sudah harus memikirkan sejak sekarang, pola pengkaderan yang serupa. Tentu dengan berbagai pertimbangan tentang kualitas kader nantinya. Tetapi pola itu sudah mesti dipikirkan,” jelas Fauzi.

Peran KAHMI juga dinilai penting untuk ikut memberi masukan tentang eksistensi HMI di era digital saat ini. “Sebab, HMI Itu napasnya adalah pengkaderan. Sehingga pengkaderan harus mampu tetap hadir di semua kondisi zaman. Jika tidak ada pengkaderan, maka HMI tidak akan lagi eksis, jika HMI tidak lagi eksis, maka KAHMI juga tidak akan ada,” terangnya.

Salah satu hal yang menjadi tantangan era digital saat ini adalah infrastruktur yang belum merata. Masih banyak wilayah di Indonesia yang tidak tersentuh infrastruktur digital.

“Ini menjadi tanggung jawab dan pekerjaan rumah pemerintah dan juga semua pihak untuk menghadirkan pemerataan dari aspek infrastruktur digital. Agar tidak ada ketimpangan dan mempercepat penyesuaian masyarakat di era saat ini,” tandas suami Bupati Lutra Indah Putri Indriani ini.

Intermediate Training ini dihadiri 72 peserta dari berbagai cabang se-Indonesia. LK II ini berlangsung dari tanggal 23 Juli hingga 1 Agustus 2022.

Sebelum memberi materi LK II, Presidium KAHMI Sulsel Muhammad Fauzi juga bersilaturahmi dengan Pengurus MD KAHMI Sinjai. Di kesempatan ini, Bang Fauzi menyerahkan laptop untuk sekretariat KAHMI Sinjai. (***)

ADVERTISEMENT