Jadi Pembicara di Acara Talkshow, Kemal Eden Malinta: Jadilah Bos, Sekecil Apapun Usahamu!

355
ADVERTISEMENT

MAKASSAR–KEAM Foundation dan TOBAJI Community menggagas dialog bertajuk “Potensi Wirausaha Generasi Muda Di Era Pandemi” di Dewa-Dewi Cafe, Jalan Perintis Kemerdekaan KM 3, Tamalanrea Indah Makassar, Kamis, 14 Januari 2021.

Acara ini menghadirkan pembicara dari kalangan akademis dan praktisi yaitu Kemal Eden Malinta dan Hidayat Muhallim S.Sos. Acaranya sendiri dipandu oleh Siti Indah Khanazzahrah selaku moderator.

ADVERTISEMENT

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membangun silaturahmi di antara enterpreneur muda, serta membedah peluang usaha di era pandemi dan mencoba mencari jalan untuk menangkap peluang-peluang tersebut.

Hadir sebagai bintang di kegiatan ini, Kemal Eden Malinta yang akrab disapa Haji Eden.

ADVERTISEMENT

Ia bertutur tentang pengalamannya berbisnis sejak nol hingga sukses seperti saat ini.

Story tentang pengalaman merintis usaha yang membuahkan hasil hingga mampu mendirikan lembaga pendidikan yang berbasis maritim di kota Palopo membuat pengunjung takjub.

ADVERTISEMENT

Romantika daganglah yang menempa pria kelahiran kota Palopo, Kemal Eden Malinta saat memulai merintis usaha dengan ikut bersama H. Muhammadiyah Malinta di tahun 1984.

Jiwa dagang telah mendorongnya  membangun dan merintis berbagai usaha.

Ungkapan bahwa seorang pedagang yang baik itu juga pembelajar yang baik, rupanya juga memiliki contoh yang nyata dalam rutinitas berdagangnya H. Eden.

Melihat dan mempelajari perkembangan tren berdagang yang juga digeluti oleh istri H. Eden yang berdagang berbasis online shop.

H. Eden menganalisa tren perdagangan mengalami perkembangan dengan berbasis digital atau online shop. Seorang pedagang online shop mampu berdagang tanpa memproduksi barang melainkan menjadi penghubung antara penjual dan pembeli, katanya.

Sehingga kondisi pandemi dalam paparan H. Eden bisa tetap memberikan peluang bagi seorang wirausahawan dengan prinsip fokus. Potensi yang ada pada diri tetap bisa tersalurkan dan harus mampu move on dari zona nyaman.

Pandemi telah datang secara tiba-tiba, dalam kondisi kepanikan menurut H. Eden memunculkan “the power of kepepet” yang bisa membuat tetap fokus membuka peluang usaha.

Penuturan yang menarik dari H. Eden dalam acara bertajuk “Potensi Wirausaha Generasi Muda Di Era Pandemi” ini adalah, bahwa sekecil apapun usaha yang dijalani anda-lah bos-nya.

Hadirin telah digugah jiwa-jiwa wirausahanya dengan penuturan pengalaman berdagang yang otentik dari pria kelahiran Kota Palopo Kemal Eden Malinta.

Kegiatan ini diharapkan menjadi referensi bagi kalangan muda dalam menyikapi dan mengambil peluang yang ada dari pengalaman yang disampaikan oleh Kemal Eden Malinta maupun Hidayat Muhallim.

Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum yang dapat membuat anak muda melihat peluang (ekonomi bisnis) secara jelas dan nyata.

(iys)

ADVERTISEMENT