Jadwal Vaksinasi Hari ke Empat, Ada 6 Puskesmas yang Layani Nakes Hari Ini di Kota Palopo

76
ADVERTISEMENT

PALOPO–Vaksinasi covid-19 dengan menggunakan vaksin merek Sinovac yang diproduksi Sinovac Biotech Ltd bekerja sama dengan PT Bio Farma kini memasuki hari ke empat, khususnya di kota Palopo.

Jubir Satgas Covid-19 Palopo, dr Ishaq Iskandar mengatakan, hari ini Kamis 4 Februari 2021, ada 6 PKM, Pusat Kesehatan Masyarakat yang familiar diakronimkan dengan frasa “Puskesmas” yang sedang melayani tenaga kesehatan (Nakes) yang mendapat prioritas khusus sebagai pihak yang paling pertama, yang wajib melakukan imunisasi covid-19 di seantero Nusantara, termasuk di kota idaman, Palopo.

ADVERTISEMENT

“Khusus hari ini, kita di Palopo ada 6 PKM, yakni PKM Wara, Wara Barat, Bara Permai, Maroangin, Benteng, dan Mungkajang,” ucap dr Ishaq.

“Tadi pagi sudah mulai. Rata-rata jam 9.00 WITA sudah dibuka untuk penyuntikan,” katanya.

ADVERTISEMENT

Ia juga menyebut, semenjak hari pertama 1 Februari lalu, hingga hari ke tiga kemarin, sedikitnya, total keseluruhan ada 342 Nakes yang sudah disuntik vaksin.

“Data hari ke empat biasanya sore hari baru selesai direkap teman-teman di Dinkes Palopo. Tapi untuk data sampai dengan hari ketiga kemarin, akumulasinya semua baru 342 Nakes.”

“Dengan yang hari ini tentu akan lebih banyak lagi. Mungkin 100-an, tapi nantilah datanya kalau hari ini sudah selesai semua, biasanya sampai batas waktu jam kerja (pelayanan) PKM tutup, baru kita akan tahu berapa banyak Nakes yang sudah kita vaksin,” pungkas dokter Ishaq.

Dalam kalkulasi Koran Seruya, hingga hari ke 3 kemarin, jika baru 342 orang Nakes yang kena jarum suntik vaksinasi tersebut, itu artinya, baru sekitar 16,68 persen dari total 2.050 Nakes yang hendak divaksin.

Selebihnya, masih ada 1.708 orang Nakes yang belum sama sekali terkena jarum suntik.

Jubir Satgas Covid-19 berharap, selama proses vaksinasi ini berlangsung, semua dapat berjalan lancar, hingga program Pusat ini berhasil dilaksanakan, demi kesehatan masyarakat di kota Palopo agar semakin baik, meski angka-angka penularan virus corona masih belum sama sekali hilang.

(iys) 

 

ADVERTISEMENT