Jaga Kualitas Produksi Air Bersih, PAM TM Kuras Sedimen Sumuran Intake Batu Papan

26
ADVERTISEMENT

PALOPO – Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Mangkaluku (TM) menguras sedimen pada sumuran Intake Batu Papan, Minggu 14 Januari 2024.

Hal itu dilakukan untuk menjaga kualitas produksi air bersih, akibat banyaknya sedimen yang tertinggal di sumuran akibat banjir.

ADVERTISEMENT

Sehingga bisa mempengaruhi pompa yang berdampak pada berkurangnya kapasitas pengolahan. Pembersihan ini mengakibatkan layanan distribusi air dari IPAM 5 Batu papan ke pelanggan off.

Beberapa wilayah terdampak yakni, Baramamase Karetan, Kecamatan Telluwanua, Homebase, Lorong Lapas, Dea Permai, Pepabri, Palangiran, Rampoang, Jati Mas 1, 2 dan 3.

ADVERTISEMENT

Kemudia Maghfira 1 dan 2, Perum Sama Bahagia, Perum Suprapto, Perum To’bulung, Perum Adiraja, Perum Atmedika, Perum Buntu Datu.

Serta Perum Mutiara Residen, Perum Sawo Macanning, Perum Pasau Land, Perum Tirosomba, Jalan Cendana, dan Jalan Tirosomba.

Pihak PAM TM juga telah melakukan pengumuman sebelumnya kepada para pelanggan yang terdampak.

Bahwa akan ada pekerjaan yang akan membuat distribusi air off sehingga diarahkan untuk menampung air sebelum pekerjaan dimulai.

Estimasi pengerjaan selama 8 jam, dan menurunkan sebanyak 8 orang karyawan agar pengerjaan bisa cepat terselesaikan.

Asmen Air Baku PAM TM Kota Palopo, Adnin menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan yang terdampak dan mengupayakan agar pekerjaan segera diselesaikan.

“Jika pelanggan sedang melakukan acara keagaamaan atau kematian bisa menghubungi call center PERUMDA TM untuk pelayanan tangki,” katanya.

“Pengurusan Sumuran ini dilakukan berdasarkan frekuensi banjir, jika musim kemarau frekuensinya sangat kurang, berbeda halnya saat musim hujan frekuensinya sangat tinggi,” tambahnya.

“Sehingga biasanya dalam 1 bulan bisa saja dilakukan pengurasan sebanyak 2 kali,” jelas Adnin. (Nur/Nad)

ADVERTISEMENT