Jaga Warisan Budaya, Dinas Kearsiapan Luwu, Lakukan Penelusuran Arsip Kuno.

104
ADVERTISEMENT

LUWU – Era globalisasi saat ini, teknologi terus berkembang memacu peradaban manusia yang semakin terus berubah. Tidak hanya perkembangan dari bidang teknologi tetapi juga berkembang dari bidang budaya.

Dibidang budaya tanah Luwu sendiri terdapat banyak warisan budaya peninggalan para leluhur. Guna menjaga dan melestarikan peninggalan budaya sejarah Luwu melalui, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, melakukan penelusuran arsip kuno bentuk naskah, gambar visual maupun bentuk dokumen lainnya.

ADVERTISEMENT

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu, Rahkmat Arifuddin, mengakatan hal ini dilakukan untuk melestarikan atau bahkan mencegah hilangnya informasi sejarah daerah tanah luwu yang berbudaya dimasa lalu.

“Melestarikan atau bahkan menyelamatkan arsip kuno yang merupakan bukti warisan budaya tanah Luwu dalam bentuk arsip kuno, gambar visual dan bukti dokumen lainnya”. Ujar, Rahkmat Arifuddin, Selasa (16/02/21).

ADVERTISEMENT

Budaya lama klasik tanah Luwu dan sejarah peninggalan kunonya terus dijaga hingga diperkenalkan ke generasi muda diera moderen.

Lebih lanjut, Rakhmat Arifuddin, menjelaskan tujuan dari penelusuran arsip kuno yang ia lakukan adalah memperkenalkan aspek adat istiadat dan tatanan kehidupan masyarakat tanah Luwu kepada generasi muda.

“Agar generasi muda diera moderen saat ini mengenali tatanan hidup kebudayaan tanah Luwu yang pernah terjadi dimasa lampau ada kaitannya dengan sistem politik, ekonomi, sosial budaya merupakan psikologis identitasnya”. Kuncinya.

Jadi sebagai anak bangsa yang baik, patutnya kita menjaga kebudayaan leluhur tanah Luwu untuk suatu kebanggan yang dibutuhkan dalam merelevansikan tatanan zaman lampau guna diterapkan dalam kehidupan saat ini.

(Mat)

ADVERTISEMENT