Jalan Cilallang – Sumabu Diresmikan, Basmin Mattayang: Pelihara dan Rawat dengan Baik

207
ADVERTISEMENT

LUWU — Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang secara simbolis melakukan gunting pita tanda diresmikannya jalan ruas Cilallang-Sumabu di Kecamatan Kamanre, Kamis (25/05/2023). Bupati bergelar doktor itu didampingi Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, Kajari Luwu, Andi Usama Harun, Kadis PUTR Luwu, Ikhsan Asaad.

Diketahui anggaran jalan Cilallang-Sumabu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Acara yang digelar di kantor Desa Libukang itu juga dihadiri ratusan warga setempat. Basmin Mattayang dalam sambutannya mengatakan, meski pernah terjadi kondisi pandemic Covid-19, namun pembangunan di wilayah yang dipimpinnya tidak terhambat termasuk pekerjaan aspal.

ADVERTISEMENT

“Hampir setiap tahun selama kepemimpinan saya kegiatan pengaspalan jalan terus. Termasuk yang ada di Desa Libukang ini,” ujar Bupati Basmin.

Basmin mengurai, pengaspalan ruas Cilallang-Sumabu ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang tidak semua daerah bisa mendapatkan.

“Untuk bisa mendapat anggaran DAK, harus bagus komunikasi dengan orang pusat. Dan komunikasi itu terbangun tidak cukup dengan setahun karena butuh waktu untuk menjual apa potensi daerah sebagai pendukung,” ujarnya.

Karena itu, dirinya berharap masyarakat yang mendapat pengaspalan di wilayahnya selalu bersyukur dan memeliharanya dengan baik. Agar kondisi jalan bisa bertahan lama dinikmati dan tidak mudah rusak, Bupati Basmin pun meminta masyarakat untuk tidak membiarkan kendaraan berat yang melebihi kapasitas jalan melintas diatasnya.

“Jika sudah diatas 12 ton, jangan biarkan lewat. Kecuali jika ada pernyataannya siap memperbaiki jalan ketika terjadi kerusakan,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas PUTR Luwu, Ikhsan Asaad dihadapan Bupati Luwu dan tamu undangan melaporkan jika pengaspalan jalan Ruas Cilallang-Sumabu ini menghabiskan anggaran sebesar 13,4 M. “Anggaran tersebut bersumber dari DAK bidang jalan tahun 2022 dengan total volume panjang 6,4 kilometer,” ucap Kadis Ikhsan.

Untuk mendapatkan DAK tersebut, sambung Kadis Ikhsan, setidaknya ada tiga variable yang harus dipenuhi yaitu integrasi fungsi jalan, dapat mendukung fungsi produksi dan distribusi, serta konektifitas keterhubungan dengan aksesibilitas.

Sementara itu Kepala Desa Libukang, Indah Puspita Sari menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Luwu atas realisasi anggaran sehingga pekerjaan pengaspalan jalan di desanya bisa dinikmati masyarakat. Menurutnya, pengaspalan jalan Ruas Cilallang-Sumabu ini adalah pengaspalan pertama dalam wilayah desanya.

“Pengaspalan ini sudah lama dinanti warga karena jalan tersebut strategis dilalui warga dari 4 desa dalam mengangkut hasil panen,” ucap Indah. (*) 

ADVERTISEMENT