Jalani Rapid Test, Wakil Bupati Tana Toraja Positif Covid-19, VDB Sampaikan Lewat Akun Facebook

7421
ADVERTISEMENT

MAKALE–Kabar mengejutkan seputar virus corona kali ini datang dari Kabupaten Tana Toraja (Tator). Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara dikabarkan positif virus corona atau covid-19 berdasarkan hasil rapid test.

Bahkan, Victor Datuan Batara yang akrab disapa VDB ini, menginformasi hasil rapid test Covid-19 nya melalui Facebook, petang kemarin. Dari akun facebooknya, VDB menjelaskan bahwa ia positif berdasarkan hasil rapid test.

ADVERTISEMENT

“Beberapa hari lalu saya melakukan Rapid test bersama para Muspida dan hasilnya positif,” tulis VDB.

Namun VDB menyakinkan bahwa ia tidak mengalami keluhan atau gejala apapun. “Hasilnya positif, tapi untuk lebih meyakinkan, bahwa saya tidak mengalami keluhan apapun termasuk batuk dan suhu badan normal serta tensi juga sangat bagus,” lanjut VDB.

ADVERTISEMENT

VDB menjelaskan, setelah mengetahui hasil rapid test, ia kemudian melakukan pemeriksaan lanjutan melalui swab. Dimana, tes swab tersebut telah dikirim ke Makassar. “Kita semua pasti tidak ada yang mau terpapar virus Corona, oleh karena itu jika ada hal seperti ini jangan dijadikan bahan bulian,” ungkap Victor Datuan Batara.

Sementara itu, salah satu tim Dokter Satgas Covid-19 Tana Toraja, dr Mardaria menjelaskan, bahwa hasil rapid test tidak bisa menjadi acuan untuk menentukan seseorang positif atau negatif Covid-19.

ADVERTISEMENT

Menurut dr Mardaria rapid test hanya sebagai screaning awal dan belum tentu Covid-19. “Yang bisa dijadikan pegangan itu melalui pemeriksaan polymerase chain reaction atau PCR,” jelas dr Mardaria.

Terpisah, tim Media Center Satgas Covid-19 Tator saat dikonfirmasi tentang kepastian positifnya hasil rapid test Wabup Tator tersebut enggan membeberkan identitas PDP yang dimaksud. “Kami tak punya wewenang mengungkap identitas yang bersangkutan,” kata Koordinator Media Center Satgas Covid-19 Tator Berthy Mangontan.

Diungkap Berthy, 1.000 rapid test yang didatangkan diprioritaskan untuk tenaga medis yang bertugas di rumah sakit, tim surveilans di puskesmas, petugas posko di pintu masuk Tatro, Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Tanpa Gejala (OTG), TNI-Polri, dan relawan Satgas Covid-19 Tator.

“Kita masih menunggu hasil swab dari Makassar, sabarki,” sebut Berthy yang juga Kadis Kominfo Tator itu. (*/iys)

Berikut postingan Wabup Tator di Facebooknya:

(iys)
Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara menyerahkan bantuan sembako kepada warga yang terdampak Covid-19 di Pasar Zeni Makale, Tana Toraja. (Foto: Upeks)

ADVERTISEMENT