Jaringan Bermasalah, Telkom Minta Maaf

115
ILUSTRASI
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Jaringan internet Indihome dan Telkomsel milik PT Telkom Indonesia mengalami gangguan sejak Minggu (19/9/2021) sore lalu. Bahkan gangguan ini masih berlangsung hingga Senin (20/9/2021), sehingga banyak dikeluhkan. Bahkan, nama Indihome dan Telkomsel menjadi sorotan di lini masa media sosial
seperti Facebook dan Twitter.

Melalui akun Twitternya, pihak Telkomsel membenarkan adanya gangguan yang terjadi dan meminta maaf terkait peristiwa tersebut. Pihaknya menyebut ada gangguan teknis yang terjadi pada layanan internet terutama di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono pun membenarkan adanya gangguan tersebut. Ia mengatakan, gangguan tersebut disebabkan oleh adanya masalah pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak.

Pujo turut menjelaskan, pihaknya pun kini telah menemukan titik yang menjadi sumber dari gangguan tersebut. “Gangguan teridentifikasi berasal dari titik  sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut,” kata Pujo, Senin (20/9/2021).

ADVERTISEMENT

Setelah sumber gangguan sudah teridentifikasi, Pujo mengatakan pihaknya akan segera mempersiapkan upaya perbaikan infrastruktur sesegera mungkin, sehingga layanan kembali berangsur pulih seperti sedia kala.

Kendati demikian, Pujo tidak menyampaikan kapan proses perbaikan ini akan rampung. Menurutnya, untuk saat ini, Pujo mengklaim layanan internet milik Telkom Group sudah berangsur pulih dan kembali normal.

Selanjutnya, Pujo mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan yang selalu setia menggunakan layanan TelkomGroup. “Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan,” katanya.

Sementara itu, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan
pelanggan di wilayah terdampak gangguan internet. “Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya,” katanya. (***)

ADVERTISEMENT