Jatah Luwu Raya 584, Luwu Terbesar Terima Formasi CPNS 2019

2034
Edisi cetak KORAN SeruYA tanggal 30 Oktober 2019

PALOPO–Empat daerah di Luwu Raya siap menggelar rekrutmen CPNS tahun 2019, yang pendaftarannya akan digelar serentak secara Nasional mulai 11 November 2019 mendatang. Dari empat daerah di jasirah utara Sulsel ini, Kabupaten Luwu terbesar mendapatkan kuota CPNS 2019.

Kabupaten yang dinakhodai Basmin Mattayang dan Syukur Bijak ini, mendapatkan sebanyak 185 formasi. Sedangkan, formasi terbanyak kedua diperoleh Kabupaten Luwu Utara, yakni 151 formasi. Kota Palopo sendiri mendapatkan sebanyak 134 formasi, dan Lutim sebanyak 111 formasi.

Jatah formasi CPNS yang diperoleh empat daerah di Luwu Raya tersebut resmi diumumkan melalui pengumuman No: B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah yang ditandatangani oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. Formasi CPNS seluruh daerah di Indonesia juga telah diumumkan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu, Sulaiman, mengakui, jika melihat pembagian kuota CPNS empat daerah di Luwu Raya, Kabupaten Luwu mendapatkan kuota lebih besar, yakni sebanyak 185 formasi.

Dikatakan Sulaiman, dari 185 formasi tersebut, Luwu terbesar akan menerima guru, yakni sebanyak 103 formasi. “Sisanya yang akan diterima tenaga teknis,” kata Sulaiman di kantornya, kemarin.

Masih menurut Sulaiman, Luwu banyak menerima tenaga guru karena masih sangat kekurangan guru yang akan ditugaskan di daerah pelosok. “Makanya, seleksi CPNS 2019, kita (Luwu) prioritaskan guru untuk guru di daerah pegunungan,” terangnya.

Di tempat terpisah, Kepala BKPSDM Lutra, Nursalim Ramli mengakui, Lutra menerima kuota CPNSsebanyak 151. Dari 151 formasi ini, kata dia, didominasi tenaga pendidik dan tenaga medis. “Sebagian besar formasi untuk tenaga pendidik dan tenaga medis,” ujar Nursalim.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Lutim, Kamal Rasyid menyebutkan, pihaknya juga telah menerima formasi CPNS 2019. “Seluruh daerah telah mendapatkan alokasi dan jumlah formasi, hanya saja hingga saat ini belum ada instruksi dari pusat kepada daerah untuk mengumumkan formasi apa saja yang diterima,” ujar Kamal Rasyid.

Untuk Lutim, kata dia, Lutim akan menerima CPNS sebanyak 111 formasi. Dia juga tak menampik jika formasi tersebut didominasi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.

Untuk Kota Palopo sendiri mendapatkan formasi CPNS 2019 sebanyak 134. Formasi yang diperoleh Kota Palopo tertuang dalam Pengumuman No: B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah yang ditandatangani oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.

Sekretaris Kota Palopo, Jamaluddin Nuhung mengakui, Pemkot Palopo sudah menerima formasinya. Bahkan, kata dia, BKN RI telah mempublikasikan formasi yang diperoleh seluruh daerah di Indonesia, termasuk Kota Palopo. “Formasinya sudah ada, sisa mau disesuaikan kebutuhan daerah yang akan diterima. Tetapi formasinya sebagian besar guru dan tenaga medis,” ujar Jamaluddin. (fit)