Jelang Hari Pahlawan, Pemda Luwu Gelar Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Nasional

183

Luwu — Dalam memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada Minggu 10 November 2019, Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Luwu menggelar kegiatan Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Nasional di kota Belopa, Sabtu-Minggu (9-10/11/2019)

Kegiatan Napak Tilas tersebut diawali dengan acara pembukaan dan pemberian materi kebangsaan oleh Sekda Luwu, Ridwan Tumbalolo, Wakapolres Luwu, Kompol Abraham Tahalele, Pabung Luwu, Mayor Arm syafaruddin, dan Kasi Datun Kejari Luwu, Ady Haryadi Annas.

Peserta Napak Tilas yang didominasi generasi muda, seperti pelajar Sekolah Menengah Tingkat Atas/Kejuruan (SMA dan SMK), Ormas, Mahasiswa, Kelompok Pecinta Alam, Instansi Pemerintah dan Pramuka, berjumlah 150 dibagi dalam 30 kelompok dengan mengenakan pakaian dan atribut ala pejuang kemerdekaan dan ikat kepala berwarna merah putih.

Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas H Alim Bachry mengatakan kegiatan Napak Tilas ini bertujuan untuk menanamkan semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme dikalangan generasi muda.

“Kegiatan Napak Tilas ini kita laksanakan untuk memperingati hari Pahlawan dimana pesertanya sengaja didominasi dari generasi muda untuk menanamkan dan menumbuhkembangkan semangat nasionalisme serta jiwa patriotisme dalam diri generasi muda untuk menjadi bekal bagi mereka dalam menghadapi era millenial dan era globalisasi”, katanya.

Peserta Napak Tilas dilepas secara resmi oleh Sekda Luwu dan akan menempuh perjalanan dengan jalan kaki sejauh 10KM menyusuri area perkampungan, persawahan, pegunungan dan pekuburan. Peserta diperkirakan tiba di Taman Makam Pahlawan kelurahan Tampumia Radda pada hari Minggu (10/11/2019) pukul 03.00 Wita.

Kemudian peserta melanjutkan perjalanan menuju kompleks perkantoran Bupati Luwu untuk bergabung dengan para ASN lingkup pemerintah kabupaten Luwu untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2019.

Pelaksanaan Napak Tilas ini akan memperebutkan Piala bergilir dari Bupati Luwu.

Selain Kegiatan Napak Tilas, Pemkab Luwu juga mengadakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan Tampumia Radda, Kecamatan Belopa dan Ziarah Nasional usai pelaksanaan Upacara Peringatan hari Pahlawan. (Fit)