Jelang Injury Time, PUPR Palopo Targetkan Proyek Basecamp Selesai Tepat Waktu

878

PALOPO – Pemerintah kota Palopo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen menata sarana publik agar lebih cantik dan menarik serta menjadi magnet bagi para pelancong domestik di Tana Luwu untuk datang berkunjung.

Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Kota Palopo, Natsir Arif ST saat disambangi di ruangannya, Senin (9/12) mengatakan, beberapa paket proyek yang dikerjakan untuk mempercantik wajah kota Palopo, diantaranya Lanjutan Pembangunan Lapangan Pancasila (Basecamp) yang dikerjakan oleh CV Dian Pratama Sejahtera, dengan masa kerja selama 90 hari. Sedangkan Pembangunan Pedestrian Jalan di dua titik, dengan nilai pagu proyek Rp7.324.694.000, yang sementara dikerja oleh PT. Anugerah Pratama Konstruksi.

Progres kedua paket proyek tersebut per awal Desember tahun ini berkutat diatas angka 80% dengan dinamika permasalahan yang ada. Pihak rekanan, kata Natsir berusaha memacu bobot pekerjaan dengan menggenjot kuantitas pekerja maupun menambah waktu kerja sehingga realisasi kumulatif pekerjaan bisa mencapai target.

“Di kawasan eks dinas kebersihan dan kontainer persampahan itu kini dibangun semacam mal, merupakan ruang terbuka hijau dimana pengunjung nanti bisa menikmati pemandangan dengan view Lapangan Pancasila yang lebih luas, kita target selesai di akhir Desember 2019 ini,” terang Natsir.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang merupakan penanggungjawab pelaksana kegiatan ini, Ibnu Rus sekaligus Kabid Bina Marga PUPR Palopo menjelaskan, saat ini progress fisik paket tersebut mencapai kisaran angka 82% .

Diakui Ibnu Rus, ada sedikit kendala saat pelaksanaan pekerjaan tetapi itu tidak mengurangi semangat pihak rekanan untuk memacu pekerjaan sehingga tidak terjadi deviasi yang terlalu tinggi.

“Kita prediksi di akhir (pekerjaan) bisa mencapai 93 hingga 97%, untuk itu kami terus memantau dan memberikan supervisi agar selesai tepat waktu, kita tentu ingin proyek ini secara kuantitatif dan kualitatif bisa dipertanggungjawabkan, ” pungkas dia.

Proyek lanjutan pembangunan Lapangan Pancasila (basecamp) tahap kedua, menelan pagu anggaran sebesar Rp4.700.000.000 bersumber dari APBD kota Palopo, Tahun Anggaran 2019. (Iys)