Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Palopo Perketat Pengamanan Gereja

    64
    ADVERTISEMENT

    PALOPO — Jelang Natal dan Tahun Baru yang tinggal beberapa hari, Polres Palopo memperketat pengamanan. Kapolres Palopo AKBP Muhammad Yusuf Usman mengatakan pengamanan bakal difokuskan di tempat ibadah umat kristiani atau gereja.

    “Ratusan personel kita kerahkan untuk melakukan pengamanan gereja dalam rangka pelaksanaan ibadah umat kristiani dalam menyambut Natal 2022 dan tahun baru 2023,” kata Yusuf, Selasa (6/12/2022).

    ADVERTISEMENT

    Langkah ini diambil polisi guna memastikan ibadah berlangsung aman. Dalam pelaksanaannya, polisi melakukan pengamanan terbuka dan tertutup.
    Menerjunkan personel pada saat kegiatan ibadah berlangsung. “Tujuannya menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif,” kata Yusuf.

    Selain mengamankan, polisi juga akan melakukan sterilisasi gereja sebelum ibadah dilakukan. “Itu untuk memastikan keamanan sebelum kegiatan gereja dimulai,” ujarnya. Yusuf menekankan pengamanan dilakukan sejak dini. Pasalnya umat kristiani sudah mulai melakukan ibadah.

    ADVERTISEMENT

    “Walaupun hari pelaksanaan Natal masih lama, namun umat kristiani telah melakukan ibadah dalam penyambutannya dan kami selalu siaga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

    Polisi, lanjut Yusuf, juga akan selalu melakukan komunikasi dengan pihak gereja guna mengetahui jadwal pelaksanaan ibadah mereka. “Sehingga pada saat pelaksanaannya kita bisa menurunkan personel untuk melakukan pengamanan,” pungkasnya. (ayb)

    ADVERTISEMENT

    ADVERTISEMENT