Jelang Ramadan, Wawali dan Kepala Kemenag Jumatan di Masjid Al Amin Salobulo yang Sementara Tahap Pembangunan

90
ADVERTISEMENT

PALOPO–Beberapa hari menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1442 H, Masjid Al Amin yang sementara dalam tahap pembangunan, untuk pertama kalinya menggelar salat Jum’at (9/4/2021).

Ratusan jamaah dari berbagai kalangan turut hadir menunaikan shalat Jum’at, tak terkecuali Wakil Walikota Palopo Dr Ir H Rahmat Masri Bandaso MSi.

ADVERTISEMENT

Menurut pengurus masjid, Ir Andi Ahmad Djunaedi Amin, pelaksanaan salat Jumat perdana tersebut sebagai salah satu pertanda resminya penggunaan masjid yang berada di kelurahan Salobulo tersebut.

“Meskipun sementara dalam tahap pembangunan, namun kondisinya sudah memungkinkan ditempati untuk menunaikan shalat berjamaah lima waktu,” tandasnya seraya berharap agar keberadaan masjid itu akan membantu warga sekitar dalam menguatkan semangat silaturahim.

ADVERTISEMENT

Pada pelaksanaan salat Jumat perdana tersebut, tampak Kepala Kementerian Agama Kota Palopo, DR Rusydi Hasyim MA bertindak sebagai khatib salat Jumat yang dalam khutbahnya menguraikan pentingnya meraih keridhaan Allah SWT dalam setiap rangkaian ibadah yang dilakukan dalam keseharian.

“Jangan pernah mengira bahwa amal ibadah kita yang akan memasukkan kita ke dalam surga, melainkan semata-mata karena keridhaan dan Rahmat Allah SWT,” urainya.

ADVERTISEMENT

Ia juga menguraikan pentingnya menjaga keistiqamaan dalam melaksanakan sholat berjamaah di masjid.

Sementara itu, Wakil Walikota Palopo dalam sambutannya pada kesempatan itu mengajak masyarakat sekitar masjid agar memanfaatkan keberadaan masjid dalam rangka meningkatkan keimanan serta ketaqwaan serta menguatkan semangat persaudaraan sesama umat muslim.

“Khususnya pada bulan Ramadhan, kita perlu menggalakkan pelaksanaan ibadah” pesannya seraya mengingatkan segenap jamaah dan warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai salah satu upaya dalam menekan penyebaran virus Corona.

“Semoga virus ini segera berlalu agar kita dapat lebih bersemangat beribadah,” ucapnya.

Usai melaksanakan salat Jumat, jamaah disuguhkan sajian makan siang oleh komunitas sedekah Jum’at serta oleh ibu ibu majelis taklim setempat. Tampak hadir dalam kesempatan itu lurah Salobulo Andika, Sekcam Wara Utara dan masyarakat setempat.

(*)

ADVERTISEMENT