Jembatan Darurat di Rampoang Difungsikan, Petugas Gunakan Sistem Buka Tutup Jalan

83
ADVERTISEMENT

PALOPO — Jembatan Bailey sunggai Salupikkung Kelurahan Rampoang Kecamatan Bara Palopo hari ini, Sabtu 29 Oktober 2022 resmi difungsikan.

Namun, petugas akan menerapkan sistem buka tutup jalan. ” Kita gunakan sistem ini karena jembatan tidak muat untuk kendaraan yang bertemu,” kata Kasat Lantas Polres Iptu Siswaji. Guna mencegah kemacetan, Satlantas Polres Palopo akan berjaga di sekitar lokasi jembatan.

ADVERTISEMENT

“Satlantas polres Palopo dibagi menjadi dua regu yang mengatur jalannya pengendara 2×24 jam. Begitupun dijalur alternatif tetap dipantau,”jelasnya.

Uji coba jembatan tersebut disaksikan langsung Camat Bara, Dewagau, Wakapolres Polopo Kompol, Ridwan.

ADVERTISEMENT

Dandim 1403/ Palopo Letkol Inf, Apriadi Nidjo, Kasat Lantas Iptu Siswaji, Kapolsek Wara Utara Ipda Achmad Madjid, Kadis Perhubungan Kota Palopo, Rustam Lalong, serta Lurah Rampoang, Amri.

Selain itu ada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel dan jajaran Dinas Perhubungan provinsi Sulsel. Sebelumnya, pihak kontraktor PT. Hospindo Internusa Jaya membenahi oprit jembatan atau penahanan baik arah Utara maupun Selatan, kemudian lantai serta pembenahan timbunan kiri dan kanan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan jembatan, Muhammad Said mengatakan pihaknya akan berupaya memperbaiki jalan trans Sulawesi ini.

“Setelah kita rapat dengan stakeholder kita sepakat kendaraan yang melebihi kapasitas 15 ton bisa melintas di jembatan,” katanya. (ayb)

ADVERTISEMENT