Jembatan Darurat Mulai Dibangun, Poros Palopo-Masamba Diperkirakan Masih Lumpuh Empat Hari Sampai Satu Minggu ke Depan

665
Pengerjaan jembatan bailey atau sementara mulai dilakukan, Selasa (18/10/2022)
ADVERTISEMENT

PALOPO–Jembatan Rampoang atau Salupikung di jalan Trans Sulawesi, Kelurahan Rampoang, Kecamatan Bara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, ambles, sejak Senin (17/10/2022) malam. Akibat kejadian ini, jalan Poros Palopo-Masamba tidak dapat dilalui kendaraan atau ditutup.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan melalui Muhammad Said, mengatakan,  jembatan sama sekali tidak dapat dilalui kendaraan maupun pejalan kaki, sehingga ditutup total dari segala aktivitas transportasi. Sebab konstruksi jembatan mengalami kerusakan cukup parah.

ADVERTISEMENT

Satu-satunya upaya yang dilakukan pihak Balai, yakni memasang jembatan bailey atau jembatan darurat. Mulai pukul 14:00 Wita, Selasa siang, 18 Oktober 2022, pengerjaan jembatan darurat mulai dilakukan. Material jembatan tiba di lokasi sekitar pukul 13:00 Wita.

“Jika tidak ada kendala, jembatan darurat ditarget selesai dan bisa difungsikan satu minggu. Namun demikian, Muhammad Said berharap, agar jembatan darurat bisa selesai dalam waktu empat hari kedepan. Adapun tonase jembatan darurat nantinya hanya kendaraan maksimal 8 ton,” kata Said, Selasa (18/10/2022).

ADVERTISEMENT

Setelah jembatan darurat selesai dibangun dan difungsikan, Muhammad Said mengatakan, pihaknya bekerjasama Dinas PUPR Kota Palopo akan membangun jembatan baru Salupikung, yang kondisinya saat ini sudah ambles akibat diterjang banjir. Jembatan yang ada saat ini akan dirobohkan, dan dibangun jembatan permanen.

Sahabat KORAN SERUYA, diketahui, akibat jalan poros Palopo-Masamba tidak dapat dilalui kendaraan atau ditutup, aparat kepolisian bersama pemerintah menyiapkan jalan alternatif untuk pengendara motor dan mobil roda empat. Sementara jalan alternatif untuk truk dan bus tidak ada hingga menyebabkan ratusan truk dan bus tertahan di jalan poros Ratulangi, Palopo.

Lorong jalur alternatif untuk motor berada di samping jembatan. Sementara jalur alternatif untuk mobil roda empat, yakni di lorong Perumnas tembus di Lapangan Rampoang untuk kendaraan dari arah Palopo menuju Masamba. Begitupun sebaliknya jalur alternatif dari arah Masamba menuju Palopo yakni masuk ke lorong Lapangan Rampoang dan keluar di lorong Perumnas. (and)

ADVERTISEMENT