Jenazah Husler Dilepas Gubernur dan Wabup Lutim, Sudah Diberangkatkan Menuju Malili, Alpian: Kemungkinan Besok Dimakamkan

1692
ADVERTISEMENT

MAKASSAR–Jenazah Almarhum H. Muh Thorig Husler, yang berpulang pada pukul 08.20 pagi tadi di RSUP Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Kamis 24 Desember 2020, rencananya akan dimakamkan di Malili, Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur itu didiagnosis oleh tim dokter yang merawatnya menderita pneumonia atau radang paru sebelum akhirnya ajal datang menjemput.

ADVERTISEMENT

Meski beredar kabar jika Husler yang kembali terpilih di Pilkada Lutim 9 Desember lalu untuk periode keduanya itu – bakal dimakamkan di Malili Luwu Timur, namun di tengah masyarakat muncul pro kontra soal status terakhir Almarhum, yang dalam swab terakhir disebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Publik masih banyak yang belum mahfum soal adanya surat edaran gubernur Sulsel yang baru, yang memperbolehkan pasien Covid-19 dimakamkan di daerahnya.

ADVERTISEMENT

Surat edaran gubernur Sulsel bernomor 01/IX/2020 tertanggal 25 September 2020 itu agaknya berlaku bagi keluarga Almarhum bupati definitif kedua yang pernah dimiliki kabupaten berjuluk Bumi Batara Guru itu.

Anggota DPRD Luwu Timur, Alpian kepada awak media, Kamis pagi tadi mengungkapkan, jika pagi ini juga jenazahnya akan diberangkatkan menempuh perjalanan darat sekira 10 jam sebelum tiba di tempat peristirahatan terakhirnya di Malili.

ADVERTISEMENT

“Sudah dipersiapkan (pihak rumah sakit) kami akan mengawal jenazah Almarhum, lewat darat untuk dikebumikan di kampung halaman, mohon doa ta semua agar Almarhum dimudahkan dalam perjalanan hingga prosesi pemakaman nanti,” ucap legislator Hanura itu.

Sebelumnya, Alpian sempat meminta doa dari seluruh masyarakat agar Husler bisa melewati masa kritisnya, sehari lalu.

Namun rupanya, Tuhan berkehendak lain. Ketua DPD II Partai Golkar Luwu Timur itu tetiba dikabarkan telah menghembuskan nafas terakhir dengan tenang, di Kamis pagi (24/12) yang dingin, di ruangan Intensive Care Unit (ICU) RS Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Dikatakan Alpian, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam dan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah sudah berada di RS Wahidin. Tampak juga adik almarhum, Taqwa Muller, dalam prosesi pelepasan jenazah Bupati Luwu Timur itu untuk diberangkatkan menuju peristirahatan terakhirnya.

Dalam pantauan Koran Seruya, Ambulans milik rumah sakit bernomor plat, DD 7223 YA nampak sudah diberangkatkan beberapa saat lalu.

Diketahui, Husler resmi menjabat Bupati Luwu Timur sejak 17 Februari 2016 lalu, adalah bupati definitif kedua setelah A. Hatta Marakarma. Ia tercatat pernah mendampingi bupati pertama itu sebagai wakil bupati, dan memenangkan Pilkada Lutim bersama wakilnya, Irwan Bachri Syam di Pilkada 2015 silam.

Selamat Jalan Putra Terbaik Tana Luwu. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun…

(iys)

ADVERTISEMENT