JSI: Paket IBAS-ARP Ancaman Serius Bagi Husler di Pilkada Lutim

1158
Irwan Bachry Syam dan Andi Muhammad Rio Patiwiri
ADVERTISEMENT

MALILI–Manager Strategi Dan Operasional Jaringan Suara Indonesia, Nursandy Syam menilai, duet Irwan Bachry Syam dan Andi Muhammad Rio Patiwiri akan menjadi duet tangguh sebagai penantang incumbent di Pilkada Luwu Timur (Lutim) 2020. Bahkan, duet Ibas-ARP boleh dikata prospek yang mengkhawatirkan bagi petahana, Thoriq Husler.

“IBAS, tak hanya punya pengalaman pemerintahan, mengingat posisinya sebagai Wakil Bupati Lutim saa ini, tetapi latar belakangnya sebagai pengusaha bersama ARP bisa melahirkan gagasan perubahan dan cara kerja ‘out of the box’ bagi masyarakat Luwu Timur,” kata Nursandy Syam kepada KORAN SERUYA, Senin (29/6/2020).

ADVERTISEMENT

Apalagi, kata Nursandy, keberadaan ARP sebagai putra mantan Bupati Lutim, Andi Hatta Marakarma, dan menantu dari Bupati Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara berpotensi menjadi daya ungkit yang signifikan bagi IBAS.

“ARP memang wajah baru, tingkat pengenalannya mungkin masih rendah. tapi secara potensi, ia memiliki sumber daya elektoral yang mumpuni. Sebab itu, ARP perlu gencar melakukan sosialisasi diri di tengah masyarakat,” katanya.

ADVERTISEMENT

IBAS-ARP tak hanya saling menguatkan dari berbagai sisi, lanjut Nursandy, tapi keduanya membawa unsur kebaruan dan energi yang ‘power full’.

“Modal politik yang dimiliki IBAS-ARP jika ditopang dengan kerja-kerja elektoral yang brilian bisa menjadi ancaman serius bagi petahana. Apalagi, hampir pasti pertarungan terjadi secara head to head,” katanya.

Untuk diketahui, Ibas yang tidak lain Ketua Partai Nasdem Lutim hampir dipastikan diusung partainya, Nasdem bersama ARP sebagai calon wakilnya. Tak hanya itu, duet dua tokoh muda ini juga menguat dicalonkan Partai Demokrat, sehigga koalisi Nasdem dan Demokrat memenuhi syarat mengusung satu pasangan calon.

Partai Nasdem memiliki 4 kursi, dan Partai Demokrat 2 kursi di DPRD Lutim. Syarat mengusung pasangan calon 6 kursi partai politik atau koalisi partai.

“Andi Rio sudah ber-KTA Demokrat. Beberapa waktu lalu, dia bergabung dan menjadi kader,” kata Sekretaris Bappilu DPP Demokrat, Kamhar belum lama ini.

Karena sudah menjadi kader, lanjut Kamhar, Demokrat sudah pasti akan mengusung Andi Rio pada Pilkada Lutim 2020. Andi Rio akan berpasangan dengan Ketua DPD Nasdem Lutim, Irwan Bachri Syam sebagai calon bupati. “Kami akan mengusung keduanya dan segera mengeluarkan surat tugas hari ini. Koalisi Demokrat dan Nasdem sudah cukup untuk mengusung,” kuncinya. (tari)

 

ADVERTISEMENT