Kabar Gembira! Guru Honorer juga Terima Insentif Rp600 Ribu Bersamaan Pekerja Swasta

680
ILUSTRASI HONORER
ADVERTISEMENT

JAKARTA—Kabar gembira bagi guru honorer. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan akan memberikan juga insentif sebesar Rp600 ribu kepada puluhan ribu guru honorer selama empat bulan.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Insentif yang juga dikenal sebagai program Bantuan Subsidi Upah (BSU) akan disalurkan kepada guru honorer bersamaan dengan pekerja swasta atau pekerja formal yang bergaji dibawah Rp5 juta. BSU ini akan disalurkan selama empat bulan terhitung September hingga Desember 2020 senilai Rp2,4 juta, atau disalurkan dua tahap senilai Rp1,2 juta untuk dua bulan pertama.

Lantaran adanya kebijakan baru penyaluran BSU, yakni mengakomodir tenaga honorer, penyaluran BSU tahap pertama yang direncanakan disalurkan pada Selasa (25/8/2020), batal dilaksanakan. Penundaan penyaluran BSU ini resmi diumumkan pemerintah lantaran masih ada proses yang harus dilakukan.

BSU ini akan menyasar pegawai swasta atau pekerja formal yang yang aktif tercatat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan alias BP Jamsostek. Namun menurut Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, bantuan Rp600.000 ini juga akan diberikan kepada guru honorer.

ADVERTISEMENT

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tengah mendata guru honorer yang berhak mendapatkan bantuan Rp600 ribu.

“Isu guru honorer dimasukkan dalam manfaat, baik sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dan di dalam proses penyempurnaan melalui database di Kemendikbud maupun KemenPAN-RB,” kata Sri Mulyani saat rapat kerja (raker) bersama Komisi XI DPR RI membahas perekembangan pemulihan ekonomi nasional (PEN), dilansir KORAN SERUYA dari Detikcom, Selasa (25/8/2020).

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Diketahui, kriteria penerima bantuan Rp 600 ribu tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan nomor 14 tahun 2020. Adapun kriteria yang diterapkan antara lain pekerja merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), masuk pada kategori pekerja Penerima Upah (PU), merupakan peserta BP Jamsostek aktif sampai dengan Juni 2020, dan memiliki upah terakhir di bawah Rp 5 juta sesuai data yang dilaporkan perusahaan dan tercatat pada BP Jamsostek.

Pemerintah telah menganggarkan Rp37,7 triliun untuk program subsidi kepada 15,7 juta pekerja terdampak COVID-19. Untuk nominal yang akan diterima sejumlah Rp 600 ribu per bulan untuk 1 orang pekerja selama empat bulan, atau tiap pekerja mendapatkan total Rp 2,4 juta. Adapun skema pencairan atau transfer dana dilakukan 2 bulan sekaligus sebanyak dua kali. (anggi lestari)

ADVERTISEMENT