Kader Terbaik Golkar Akan Duduk di Kursi Ketua DPRD Luwu Timur, Pengamat: Aripin Pantas

641
Syahiruddin Syah, pengamat publik Unanda Palopo
ADVERTISEMENT

Malili – Pengamat Publik Universitas Andi Djemma (Unanda) Kota Palopo, Syahiruddin Syah menilai Aripin sudah pantas melenggang ke Kursi Ketua DPRD Luwu Timur.

Sebab Kurang lebih 6 bulan lamanya kekosongan jabatan ketua DPRD Luwu Timur dan, kini sudah hampir dipastikan akan terisi pada akhir bulan ini.

ADVERTISEMENT

Setelah beberapa kali diadakan rapat di partai yang berlambang beringin ini kini sudah bisa terjawab, kader yang akan mengisi kursi empuk ketua DPRD Luwu Timur ini.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Syahiruddin Syah, kursi DPRD Luwu Timur akan dijabat oleh Aripin yang merupakan salah satu kader tebaik partai Golkar Luwu Timur.

ADVERTISEMENT

“Bocoran yang saya dapatkan dari beberapa petinggi Golkar bahwa kursi ketua DPRD lutim akan dijabat oleh Aripin dari Fraksi Partai Golkar DPRD Luwu Timur,” bebernya, Senin (19/7/2021).

Alasannya, kata Syahiruddin Syah, Aripin adalah salah satu kader terbaik partai Golkar yang sangat layak untuk menduduki jabatan ketua DPRD menggantikan almarhum Amran Syam. Beliau juga sebelumnya adalah seorang petani Merica dan juga pengusaha yang sukses dari Desa Bantilang, Kecamatan Towuti dan juga pernah menjabat kepala desa selama 3 periode dan juga peraih suara kedua terbanyak setelah Almarhum Amran Syam, pada Pileg DPRD Luwu Timur 2019, yakni sebanyak 3.119 suara.

ADVERTISEMENT

“Beliau (Aripin-red) petani merica yang sukses mendapatkan hasil kebun merica yang dikelola sebesar 1.4 miliar pertahunnya dengan luas tanah yang digarap kurang lebih 21 hektar. Di
samping beliau berkebun, Aripin juga pernah menjadi kepala Desa Bantilang selama 3 periode, pernah menjabat Sekum HMI Komisariat Fakultas Adab IAIN Alaudin Makassar, pernah menjabat ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Luwu Timur dan masih menjabat wakil ketua APDESI Provinsi Sulawesi Selatan hingga saat ini. Sehingga dianggap sangat layak untuk menduduki jabatan ketua DPRD menggantikan Amran Syam yang meninggal dunia akibat sakit,” kata Dosen Unanda ini.

“Selain itu, Aripin adalah keluarga Golkar, orang tuanya pernah menjadi komisaris desa partai Golkar yang mengantarkannya menjabat kepala desa 12 tahun di era orde baru. Sehingga saat ini Aripin melanjutkan perjuangan orangtuanya di Partai Golkar, dengan jabatannya saat ini sebagai wakil ketua Golkar Luwu Timur,” tambahnya.

Sehingga tidak diragukan lagi kepemimpinannya menurutnya, Aripin adalah sosok yang paham tentang pemerintahan dan juga sangat perhatian dengan masyarakat.

“Pak Aripin tidak diragukan lagi kepemimpinannya oleh kerena pak Aripin adalah orangnya terbuka dan paham tentang pemerintahan. Beliau juga sangat perhatian dengan masyarakat,” jelasnya.

Dirinya mengatakan mengenai hubungan dengan mitra kerja dalam hal ini pemerintah Daerah hampir semua OPD menyambut baik ide dan gagasan Aripin selama ini bersama anggota dewan lainnya mendukung dan mengawal pembangunan di Kabupaten Luwu Timur sampai pada akhir program RKPD/ OPD setiap tahunnya.

“Hubungan pak Aripin dan Pak Bupati sangat harmonis dan diyakini akan membawa dampak positif yang signifikan antara legislatif dan pihak eksekutif kedepan dalam pengelolaan pemerintahan, terutama dalam hal mengawal dan mengawasi jalannya pembangunan, juga dalam rencana strategis pemerintah daerah nantinya akan selalu bermusyawarah, konsultasi dan koordinasi serta mengedepankan rencana pembangunan yang berskala prioritas,” ucapnya.

Selain itu, Syahiruddin Syah, berharap agar kedepan semua program strategis pemerintah daerah dapat distudi akademikkan sehingga di dalam implementasi kebijakan yang telah dibahas bersama tidak menuai kontroversi ditengah-tengah masyarakat dan dapat berjalan dengan baik.

Hal ini dapat dilakukan bila kedua lembaga ini sadar akan eksistensinya sebagai pemegang amanah rakyat yang harus melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing dengan baik.

“Kajian akademik ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dan acuan dalam memutuskan sebuah kebijakan yang telah dikaji, diolah dan dianalisis sehingga nantinya akan menghasilkan sebuah kebijakan yang berkualitas, dan berpihak pada kepentingan rakyat, sehingga rakyat akan berdaya menikmati pembangunan dan bermuara pada kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” sebutnya.

Berikut perolehan suara dari Partai Golkar Luwu Timur pada Pemilu 2019.

– Amran Syam 3.891 suara
– Aripin 3.119 suara
– Heryanti Harun 2.290 suara
– Badawi Alwi 2.274 suara
– Najamuddin 2.026 suara
– Wahidin Wahid 1.784 suara
– Mahading 1.456 suara.

(Rah)

ADVERTISEMENT