Kadis PUPR Lutim Paparkan Program Prioritas dan Capaian Kinerja Tahun 2021

24
ADVERTISEMENT

LUTIM — Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Syahmuddin memaparkan lima program kerja prioritas dan capaian kinerja Tahun 2021-2026 meliputi pertama; Lutim Terang, kedua; Pengembangan dan Penataan Ruang Terbuka Hijau, ketiga; peningkatan kapasitas infrasturktur wilayah serta penataan ruang bagi interkoneksi intra dan antar wilayah, keempat; Pengembangan Pujasera Malili dan Kelima; Pembangunan Islamic Center.

Paparan tersebut disampaikan Kadis PUPR Lutim pada saat menerima kunjungan Kadis Kominfo SP Lutim, H. Hamris Darwis, didampingi Kabid IKP, Hayati Ilyas serta beberapa media partner Pemkab Lutim, Senin (17/10/2022).

ADVERTISEMENT

Kunjungan tersebut, dalam rangka silaturahmi dan wawancara khusus terkait capaian program 2021 dan kegiatan prioritas 2022 terutama yang masuk dalam kegiatan prioritas pertama (KP1), di mana hasil paparan itu nantinya akan dipublikasikan melalui media partner Pemkab Lutim.

Syahmuddin menjelaskan, capaian kinerja Dinas PUPR Lutim dalam mewujudkan tujuan dan sasaran rata-rata mencapai 83,35 % pada tahun 2021 dengan kategori tinggi.

ADVERTISEMENT

“Seperti indikator sasaran rasio luas daerah irigasi kewenangan kabupaten yang dilayani oleh jaringan irigasi pada tahun 2021 senilai 53,29 persen dari target rencana 52,64 persen dengan capaian 102,43 persen,” jelas Syahmuddin.

Ia merincikan, untuk tahun 2021 luas ruang terbuka hijau sebesar 33,59 persen Ha dan luas wilayah ber H/HGB di seluruh Kabupaten Lutim 3,87 Ha. “Dengan demikian, diperoleh indikator sasaran rasio ruang terbuka hijau per satuan luas wilayah per HPL/HGB senilai 8,680 dari target rencana 0,0026 dengan capaian 333,830,25 persen,” rincinya.

Selain itu, ia juga membeberkan data jumlah jembatan menurut kondisinya tahun 2021 yakni 20 jembatan dengan kondisi rusak berat dan 22 dengan rusak ringan. “Kemudian jumlah jembatan yang dibangun sebanyak tujuh unit dan jembatan yang dipelihara adalah tiga unit,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, H. Hamris Darwis berharap pertemuan dalam rangka memaparkan pelbagai capaian kinerja dari Dinas PUPR ini dapat memberikan manfaat, khususnya untuk menjadikan pembangunan di Lutim menjadi lebih baik.

“Kami berharap, adanya sinergitas dan kerjasama dengan media untuk menginformasikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat kita lebih mengetahui bahwa semua SKPD menjalanlan tugas sesuai dengan kepentingan umum bukan kepentingan pribadi,” pungkasnya. (rls)

ADVERTISEMENT