Kadis PUPR Luwu Tanggapi Aksi Warga Tanam Pohon Pisang di Jalan Poros Belopa-Bajo

263
Bentuk protes, warga tanam pohon pisang di jalan poros Belopa-Bajo. (Foto: Ist / Rachmad koran seruya).
ADVERTISEMENT

Belopa — Puluhan warga di Desa Kurrusumanga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, turun ke jalan lakukan aksi protes dengan menanam pohon pisang di badan jalan poros Belopa-Bajo. Selasa (19/7/2022).

Aksi tersebut dilakukan karena mereka kesal dengan Pemerintah Kabupaten Luwu yang tak kunjung memperbaiki jalan yang rusak dan berlubang. Kondisi jalan berlubang digenangi air saat hujan turun.

ADVERTISEMENT

“Ini bentuk protes kami terhadap pemerintah Kabupaten Luwu, jalan berlubang dan becek tidak tahu kapan akan dilakukan perbaikan,” ujar salah seorang warga.

Kondisi jalan berlubang, kata warga, telah dilakukan penimbunan material tanah dan batu kerikil, dengan menggunakan dana swadaya. “Jalan yang berlubang, kita timbun tanah dan batu kerikil pakai dana masyarakat,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Luwu, Ikhsan Asaad mengatakan, jauh hari sebelumnya pihaknya telah melakukan pembahasan terkait perbaikan jalan poros Belopa-Bajo, itu.

“Kami sudah menjelaskan terkait hal ini ketika dipertanyakan di komisi III pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2022 lalu,” kata Ikhsan.

ADVERTISEMENT

Ikhsan menegaskan, rencana perbaikan jalan tersebut terkendala, lantaran alat yang bekerja dalam masa perbaikan.

“Ini sudah konfirmasi ke Bidang Preservasi. Besok 20 Juli, kami sudah mobilisasi alat ke lokasi untuk melakukan perbaikan,” pungkasnya. (Mat)

ADVERTISEMENT