Kadispora dan Marwal Iskandar Bertemu, Rencanakan Kursus Pelatih Lisensi D Nasional Gelombang II, Ini Alasannya

197
ADVERTISEMENT

PALOPO–Melihat antusiasme yang tinggi di kalangan masyarakat sepakbola di kota Palopo membuat Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kota Palopo berencana mengadakan kursus pelatih (coaching course) Lisensi D Nasional.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kota Palopo Nuryadin SH MH, saat bertemu Coach yang juga Trainer, H. Marwal Iskandar yang mantan pemain PSM Makassar di salah satu warung kopi di kota idaman itu, di Jalan Guttu Patalo (Ex Jalan Mangga), Senin 29 Maret 2021.

ADVERTISEMENT

“Kami mendapat masukan dari teman-teman yang masih ingin ikut kursus pelatih lagi, tentu Dispora Palopo merespon baik, insha Allah nanti kami buat juga khusus pelatih sepakbola utamanya dari kalangan guru SD, SMP, SMA yang ingin ikut,” ucap Nuryadin.

“Rencananya bulan Ramadhan nanti, insya Allah kita atur dulu waktunya, ini tujuannya agar semakin banyak pelatih yang berlisensi D Nasional yang dimiliki kota Palopo. Karena era sekarang filosofi sepakbola Filanesia ini sangat cocok dan mudah diterapkan di Indonesia, kita harus ambil kesempatan itu, apalagi Instrukturnya ini putra daerah asli Tana Luwu sendiri, warga Palopo yang jam terbangnya sangat tinggi di tingkat Nasional,” ujar Nuryadin yang diamini Marwal Iskandar.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, di tempat yang sama Ketua Harian KONI Palopo M Sam Ridwan, yang diakrab disapa Bung Wawan, menyambut baik rencana Dispora bersama Askot PSSI Palopo untuk melakukan gelombang kedua pelatihan bagi Pelatih sepakbola.

“Alangkah ruginya jika sepakbola di kota Palopo kita yang tercinta ini tidak maju, karena apa? Marwal adalah aset Nasional, instruktur Pelatih yang asli Wija To Luwu. Momentum ini harus dimanfaatkan dengan baik, peluangnya ada, sisa keseriusan kita saja, mau memanfaatkan peluang atau hanya duduk berpangku tangan,” ulas Bung Wawan yang juga dikenal sebagai komentator dan MC sepakbola lokal itu.

ADVERTISEMENT

Sedangkan Herianto, Sekretaris Umum Askot PSSI Palopo yang juga Pengurus Asprov bersyukur atas atensi Dinas Pemuda dan Olahraga yang begitu antusias ikut peduli kemajuan sepakbola di kota idaman.

“Tentu kami merasa bangga jika saling support seperti yang sudah terjalin selama ini, antara Dispora sebagai orangtua, KONI Palopo sebagai induk dan Askot PSSI Palopo saling sinergi memperkuat sepakbola, semoga program Askot dan Dispora senantiasa saling mendukung dan apresiasi yang tinggi harus kami sampaikan ke Pak Kadispora dan Pemkot Palopo tentunya,” ucapnya.

Marwal Iskandar yang mendapat support untuk mengembangkan ilmu sepakbolanya di tanah kelahirannya mengaku bangga dan berterima kasih atas perhatian pemerintah, KONI Palopo dan Askot PSSI yang begitu antusias dalam merespon keinginan masyarakat agar lebih banyak lagi putra daerah Tana Luwu yang mendapat kesempatan yang sama untuk mengikuti Coaching Course Lisensi D tersebut.

“Pertama-tama tentu saya gembira, ikut bangga dan menaruh respect setinggi-tingginya atas keinginan semua pihak, khususnya Dispora dan Askot PSSI serta KONI Palopo dalam memajukan sepakbola, saya berharap sinergi semua pihak ini tadi, bisa membuahkan hasil positif, semakin banyak pelatih semakin bagus, karena Pemain yang bagus dilahirkan dari Pelatih yang hebat, jika sepakbola kita ingin maju kita harus perbaiki ‘Pelatihnya‘ dulu, baru kemudian sarana prasarana-nya,” pungkas Marwal Iskandar.

(*)

ADVERTISEMENT