Kamera Pengintai Bakal Dipasang di Lapangan Pancasila

1234
Beginilah suasana lapangan Pancasila Palopo di siang hari. Padat pengunjung. Pemerintah berencana memasang CCTV untuk keamanan.

PALOPO — Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal memasang kamera pengintai atatu CCTV disejumlah tempat fasilitas umum.

Kepala Dinas Kominfo, Baso Akhmad mengatakan, saat ini pihaknya memiliki 16 stok CCTV yang siap untuk dipasang. 16 CCTV itu akan diprioritaskan ditempat umum, khususnya di Lapangan Pancasila yang saat ini menjadi salah satu icon Kota Palopo.

“Lapangan Pancasila adalah icon kota. Setiap hari begitu banyak orang yang berkunjung, untuk menjaga kami akan memasang CCTV,” katanya, Senin (29/10/2018).

Baso Akhmad menambahkan, pemasangan CCTV tersebut juga dilakukan guna mendorong Kota Palopo sebagai kota Smart City. Pada tahun 2019 nanti pihaknya sudah mengajukan penambahan sebanyak lima CCTV. Namun yang menjadi kendala saat ini adalah masalah biaya pemasangan CCTV tersebut.

“Dibutuhkan biaya untuk melakukan pemasangan. Kami masih sementara mengusulkan,” katanya.

Upaya pemkot memasang CCTV di sejumlah lokasi keramaian juga memang menjadi harapan pihak kepolisian. Hal itu disampaikan Kasatreskrim Polres Palopo, AKP Ardy Yusuf belum lama ini.

Kata dia, dalam mengungkap beberapa kasus, Polres Palopo selalu meminta keterangan saksi dan melihat barang bukti. Salah satu barang bukti yang tidak pernah absen untuk dilihat ialah rekaman Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasang di lokasi kejadian.

Tak jarang, kamera pengintai tersebut menjadi kunci dalam sebuah kasus yang dihadapi pihak kepolisiaan. Olehnya itu, Kasat Reskrim Polres Palopo, AKP Ardy Yusuf mengimbau kepada warga Palopo agar ikut memasang CCTV.

“Dengan adanya CCTV yang dipasang di perumahan, perkantoran dan pertokoan, masyarakat tidak perlu cemas lagi dengan adanya tindak kejahatan. Insya Allah para pelaku kejahatan dapat kami ringkus dengan bantuan CCTV,” jelas AKP Ardy Yusuf.

Ardy Yusuf menjelaskan, dengan adanya CCTV yang dipasang, Sat Reskrim Polres Palopo sudah banyak terbantu dalam menyelesaikan setiap kasus. Salah satu kasus yang berhasil diungkap dengan bantuan CCTV adalah pembunuhan Ricky Gosal, pemilik toko pakaian Inti Sari.

“Beruntung, saat itu CCTV menangkap gambar pelaku. Penyelidikan kami pun terbantu dengan adanya CCTV. Untuk itu kami sarankan kepada warga agar memasang CCTV di rumah, ruko, dan tempat usahanya,” imbaunya. (asm)