Kandas di Semifinal Piala Dunia, Pemain Maroko Tetap Sujud Syukur

23
ADVERTISEMENT

JAKARTA — Langkah timnas Maroko kandas di semifinal. Tim berjuluk Singa Atlas ini kalah 0-2 dari Prancis. Kendati kalah dan diliputi kesedihan, para pemain Maroko beserta ofisial tetap melakukan sujud syukur. Mereka berlutut dan menyentuhkan dahinya di atas lapangan Stadion Al Bayt di Al Khor, Doha, Qatar.

Prancis memulai laga dengan sangat baik. Pertandingan baru berjalan lima menit mereka sudah bisa membuka keunggulan melalui gol indah bek kiri Theo Hernandez. Kemelut di kotak penalti dimana sepakan Kylian Mbappe diblok pemain belakang Maroko langsung disambar oleh Hernandez dengan tendangan akrobatik. Bola meluncur deras meski Yassine Bono sudah berusaha menutup ruang tembak.

ADVERTISEMENT

Theo Hernandez pun menjadi pemain lawan pertama yang bisa menjebol gawang Maroko di Piala Dunia 2022. Sebelumnya di lima laga awal, Maroko tidak pernah bisa dijebol pemain lawan. Satu-satunya gol yang bersarang ke gawang Bono tercipta dari gol bunuh diri. Prancis nyaris menggandakan skor di menit 17. Olivier Giroud lolos dari jebakan off-side. Beruntung bagi Maroko, tembakan pemain AC Milan itu masih membentur tiang gawang.

Di babak kedua, Maroko mencoba meningkatkan tempo permainan. Mereka terus menekan Prancis lewat Ziyech dan Hakimi. Namun pertahanan Prancis begitu disiplin. Kesempatan terbaik Maroko menyamakan skor hadir di menit 53. Bek kiri Yahia Attiyat Allah lolos dari Jules Kounde dan melepaskan umpan tarik. Tapi bola bisa disapu Ibrahima Konate.

ADVERTISEMENT

Pemain pengganti Maroko Abderrazak Hamadallah membuang kesempatan menyamakan skor di menit 76. Setelah mencuri bola dari Tchouameni, Hamadallah terlalu lama menggoreng si kulit bundar dan terlambat melepas tembakan sehingga bisa dimentahkan pertahanan Prancis.

Kesalahan Hamadallah harus di bayar mahal. Tiga menit kemudian Prancis yang menggandakan skor. Mbappe meliuk-liuk melewat empat pemain Maroko. Tembakannya dilepaskan dan mengenai pemain Maroko sehingga bergulir lemah ke tiang jauh. Beruntung bagi Prancis, disana ada pemain pengganti Randal Kolo Muani yang langsung menyambarnya guna membawa Prancis unggul 2-0. (***)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT