Dua Kapal Meledak dan Terbakar di Belawan, Puluhan Pekerjanya Terjebak

416

KORANSERUYA–Dua unit kapal yang sedang dalam perbaikan di galangan kapal PT Waruna Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan dikabarkan meledak dan terbakar, Senin (11/05/2020) sekira 08.30 WIB.

Kedua kapal yang meledak dan terbakar tersebut masing masing MT. Zek Laila dari Dubai yang sedang dalam perbaikan, kemudian apinya menyambar ke kapal lainnya MT. Aprin yang sama sama dalam perbaikan.

Akibat dari kedua kapal tersebut terbakar, puluhan pekerja terjebak di dalam kapal dan belasan lainnya mengalami luka luka bakar dibawa ke RS Dr Komang Lantamal l Belawan dan ke rumah Sakit PHC Belawan.

Sementara itu pemilik Doking kapal PT Waruna Sentana maupun karyawannya tidak bisa dimintai keterangan akibat dari kebakaran yang menghanguskan kedua kapal yang dalam perbaikan di dok mereka.

Akibat kejadian tersebut membuat warga panik terutama warga yang bertempat tinggal di Komplek Navigasi yang bersebelahan dengan Dok tersebut. Seratusan warga banyak yang mengungsi karena takut rumah terbakar, melansir matatelinga.com.

Videonya Viral Diposting Warganet di Sosmed

Peristiwa kebakaran ini kemudian menjadi viral dan ramai diposting warganet di sosial media. Akun @bybell94 pertama kali melaporkan informasi kejadian ini sekira pukul 11.00 disusul warganet lainnya dari TKP.

Kapolres Pelabuhan Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Dayan yang berada di lokasi saat dikonfirmasi belum mengetahui penyebab pasti kebakaran dan timnya masih melakukan evakuasi terhadap para korban

“Nanti akan kami beri tahu yang setelah apinya dapat dipadamkan oleh petugas. Sementara info yang baru diterima bahwa kapal yang terbakar tersebut sebanyak 3 unit kapal yang terakhir kapal tug boat yang tersambar api dari kebakaran tersebut,” ujar Dayan.

12 Pekerja Terluka

Sebanyak 12 orang pekerja PT Waruna Shipyard Indonesia terluka dan dibawa ke Rumah Sakit PHC Belawan akibat kebakaran Kapal Tanker MT Caglela, di Gabion, Kecamatan Medan Belawan, Senin (11/5).
 
“Jumlah yang sudah masuk rumah sakit sebanyak 12 orang dan sedang dilakukan pendataan berapa warga kita yang menjadi korban,” ungkap Camat Medan Belawan, Ahmad SP.
 
Diketahui, 12 pekerja yang mendapat perawatan itu umumnya yang bekerja pada bagian atas atau luar kapal. Sedangkan pekerja yang diduga berada di dalam kapal belum dapat dievakuasi dan diperkirakan mencapai puluhan orang.
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh Kapal Tanker MT Caglela sepanjang sekitar 250 meter itu digunakan untuk mengangkut minyak milik PT Waruna Shipyard Indonesia sudah dua minggu dalam proses perbaikan.
 
Entah bagaimana, dalam proses perbaikan terjadi kebakaran hingga menghebohkan masyarakat sekitar. Bahkan, terlihat kobaran api dan asap hitam yang tebal keluar dari dalam kapal disertai suara ledakan.
 
Tak hanya itu, tiga rumah Dinas Navigasi Belawan juga hancur dan kaca jendela di lantai 6 Tower berlantai sembilan pecah terkena serpihan kobaran api. (*/iys)