Karang Taruna Desa Pajang Luwu Sukses Gelar LDK Kerjasama KKN KS Ang-XXXIX IAIN Palopo

30
ADVERTISEMENT

PALOPO–Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan salah satu program wajib Karang Taruna Desa Pajang kecamatan Latimojong, kabupaten Luwu, dalam merekrut anggota Karang Taruna.

Kegiatan tahunan ini sejatinya dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei. Akan tetapi karena desa Pajang kedatangan peserta KKN dari IAIN kota Palopo, maka dibuatlah kegiatan LDK kolaborasi Karang Taruna dengan KKN KS IAIN Palopo.

ADVERTISEMENT

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari, mulai dari tanggal 1 hingga 2 Mei dihadiri puluhan peserta yang rentang umurnya mulai dari pelajar SMP hingga Pemuda Desa Pajang.

Dalam sambutannya kepala desa Pajang, Nur Alam menyatakan bahwa kegiatan seperti ini harus sering dilaksanakan agar potensi pemuda bisa dikembangkan.

ADVERTISEMENT

Senada dengan yang disampaikan oleh kepala desa Pajang, Isriadi selaku sekertaris umum dari Karang Taruna Desa Pajang menyampaikan bahwa Latihan Dasar Kepemimpinan adalah langkah awal generasi muda desa Pajang dalam membangun dan mengembangkan potensinya agar dapat bersaing dengan dunia luar nantinya.

Tujuan diadakannya Latihan Dasar Kepemimpinan ini adalah untuk mempersiapkan Pemuda-pemudi desa Pajang untuk menjadi pengurus karang taruna di periode selanjutnya.

Selain itu LDK ini dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab para pengurus karang taruna desa Pajang dalam meregenerasi kader yang nantinya mampu untuk melahirkan terobosan yang bersifat positif dan memperluas pola pikir para pemuda pemudi di desa Pajang.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman karang taruna desa Pajang yang berkolaborasi dengan KKN KS IAIN Palopo angkatan 39. Kegiatan seperti ini menjadi contoh bagi desa lain di kecamatan Latimojong khususnya maupun di luar kecamatan Latimojong pada umumnya,” lanjut Ketua Karang Taruna Kecamatan Latimojong.

Lebih jauh, ketua KT Kecamatan Latimojong yang akrab disapa Baim Paembonan menyampaikan bahwa inilah peran pemuda/karang taruna yang sangat perlu kita perhatikan. Sebab dari kegiatan seperti inilah kita bisa untuk mengawal dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh para pemuda,” ujar Baim Paembonan.

Menurut Koordinator Desa KKN KS IAIN Palopo yang mengatakan,” bahwa LDK ini sangat penting. Selain sebagai wadah menambah pengetahuan juga sebagai salah satu sarana pengenalan dunia luar khususnya dunia mahasiswa bagi generasi muda ini. Sehingga kedepannya mereka tidak lagi kaku jika menghadapi kegiatan serupa di dalam lingkup sekolah maupun dunia kampus nantinya,” ujar Rifki.

(*)

ADVERTISEMENT