Karena Inovasi Ini, Walikota Palopo Raih Penghargaan STBM Award dari Menkes RI

325
ADVERTISEMENT

MAKASSAR–Walikota Palopo Drs HM Judas Amir MH mengikuti penganugerahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan Rakornas STBM ke 4 oleh Kementerian Kesehatan RI, yang dilaksanakan secara virtual di Swiss Belinn Hotel, Makassar, Jumat 13 September 2020.

Kota Palopo berhasil mendapatkan penghargaan STBM Award Tahun 2020 Kab/Kota terbaik STBM berkelanjutan kategori pemenuhan kebutuhan sanitasi (supply creation).

ADVERTISEMENT

Dan untuk Natural Leader berhasil diraih oleh Zulkarnain, S.Pd dan Jumsa Lurah di Kelurahan To’bulung atas Inovasi Sampah Jadi Emas.

Laporan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, MQIH menyampaikan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari kesehatan nasional tahun 2020 dengan tema yang diusung satukan tekad menuju Indonesia Sehat.

ADVERTISEMENT

Penghargaan STBM Award ini merupakan hasil seleksi di tingkat provinsi yang kemudian hasil seleksi tersebut dikirim ke pusat untuk dibahas selanjutnya.

Dalam situasi pandemi ini seluruh kegiatan dilaksanakan secara virtual dan seluruh bupati/walikota dan jajaran pemerintahan dan seluruh stakeholder terkait dalam pencapaian kab/kota 100% dalam stop buang air besar sembarangan dan mempertahankan STBM berkelanjutan,” ungkapnya.

Komitmen dan dukungan yang diberikan oleh kab/kota maupun dari berbagai sektor untuk mencapai keberhasilan tetap dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Selain kab/kota kita juga akan memberikan penghargaan kepada TNI angkatan darat yang telah mendukung pelaksanaan membangun sejuta jamban untuk rakyat Indonesia,” ujarnya.

Hadir pula Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmanza DP SH MSi Kadis Kesehatan Kota Palopo Taufik S.Kep Ners, Kabid Kesmas Dinkes Kota Palopo Ceria, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palopo Wahyudin. (hms/iys)

ADVERTISEMENT