Kawal Tabligh Akbar Ustad Abdul Somad di Lapangan Pancasila Palopo, Ratusan Personil Polisi Akan Diterjunkan

216
ADVERTISEMENT

PALOPO — Ustad kondang, Abdul Somad, akan menggelar Tabligh Akbar di Lapangan Pancasila, Kota Palopo, Sabtu (19/11/2022) malam. Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jajaran Polres Palopo akan menerjunkan ratusan personil. Jumlah massa yang hadir diperkirakan mencapai puluhan ribu.

Kapolres Palopo, AKBP M Yusuf Usman, mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan lokalisir di sekitar lokasi. ” Ada ratusan personil yang akan turun. Kita sudah memetakan di sekitar lokasi. Mulai dari tempat parkir hingga antisipasi membludaknya massa yang datang,” katanya, Kamis (17/11/2022).

ADVERTISEMENT

Kapolres mengaku sudah melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder termasuk dengan panitia pelaksana untuk pemantapannya. Ia mengharapkan karena ini kegiatan sifatnya dakwah, ada warna dan manfaat yang diperoleh setelah mendengarkan tauziah dari Ustad Abdul Somad.

” Kita juga berharap, mari kita menjaga ketertiban karena sifatnya ibadah,” tandasnya. Selain dari kepolisian, pengamanan juga akan dibackup dari aparat Kodim 1403 Palopo serta Satuan Polisi Pamong Praja.

ADVERTISEMENT

Diketahui, tabligh akbar ustad Abdul Somad di Kota Palopo mengusung tema ‘ Kebersamaan Membangun Akhlak’. Adapun inisiator tabligh akbar yang digelar Pemerintah Kota Palopo tersebut, yakni Kepala BKPSDM Kota Palopo, H. Farid Kasim Judas. Bahkan, Farid Kasim Judas yang akrab disapa FKJ ini, mengajak umat muslim di wilayah Luwu Raya, terkhusus umat muslim di Kota Palopo, agar berbondong-bondong ke Lapangan Pancasila pada Sabtu mendatang, 19 November 2022, untuk menghadiri tabligh akbar ini.

FKJ meminta warga yang akan menghadiri kegiatan religius ini untuk mengenakan pakaian berwarna putih, termasuk membawa tikar atau karpet. “Mari kita ramaikan tabligh akbar ini, sebagai salah satu bagian dari syiar Islam. Kebersamaan membangun akhlak,” kata FKJ. Menurut FKJ, tabligh akbar ini juga akan menjadi silaturahmi akbar umat muslim. Tak terkecuali itu, tabligh akbar ini akan mengobati kerinduan umat muslim untuk bertemu dan melihat langsung ustadz Abdul Somad, yang selama ini hanya bisa disaksikan melalui media massa dan media sosial.

ADVERTISEMENT

“Ini kali pertama, Ustadz Abdul Somad akan mengunjungi wilayah Luwu Raya, terkhusus Kota Palopo,” kata kandidat doktor bidang hukum di UMI ini.
Ketua Panitia Tabligh Akbar “Kebersamaan Membangun Akhlak” bersama Ustadz Abdul Somad, Lukman Mallo, mengatakan, panitia tabligh akbar telah terbentuk, dalam rangka menyukseskan event religius ini berjalan lancar dan tanpa kendala. Salah satunya, panitia mengurus berbagai perizinan, rekomendasi dari berbagai instansi terkait.

Salah satunya, rekomendasi dari gugus covid-19 Dinas Kesehatan Kota Palopo. Dikatakan Lukman Mallo, pengurusan ijin keramaian tabligh akbar ini telah berproses melalui Polres Palopo untuk diteruskan ke Polda Sulsel. Sebab, ijin keramaian yang menghadirkan tokoh nasional ini harus melalui Polda.

Tak hanya mengurus berbagai perizinan dan rekomendasi, panitia tabligh akbar juga menemui unsur Forkominda Kota Palopo dan berbagai pihak, termasuk tokoh-tokoh agama dan organisasi keagamaan, dalam rangka meminta dukungan demi suksesnya pelaksanaan tabligh akbar.

“Salah satunya, Dandim 1403 Palopo, Letkol Afriadi Nidjo menyatakan dukungannya demi suksesnya pelaksanaan tabligh akbar, termasuk memberikan banyak masukan terkait pengamanan tabligh akbar yang diprediksikan akan dihadiri puluhan ribu umat muslim tidak hanya dari Palopo, tetapi dari luar Palopo, terkhusus dari wilayah Luwu Raya,” kata Lukman.

Tabligh akbar ini juga akan bertabur doorprize yang disiapkan panitia. Hadiah utama doorprize adalah satu paket umroh, dan puluhan alat elektronik seperti TV, kulkas, dan lain-lain. Jadi, jangan lupa ya, catat tanggalnya. Ingat tabligh akbar ini akan digelar 19 November 2022, di Lapangan Pancasila Palopo. (yon/roy)

ADVERTISEMENT