Ke Raja Ampat Papua, Delegasi Divisi Pendidikan Luwu Utara Ingin Beri Pengabdian

20
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA–Menjadi bagian dari volunteer terpilih pada program kegiatan Volunteering Ekspedisi Sapa Papua 2021 di Raja Ampat Provinsi Papua Barat, Indonesia.

Itu adalah rasa syukur bagi Delegasi Divisi Pendidikan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jack Susanto.

ADVERTISEMENT

Saat dikonfirmasi awak media Jack mengatakan bahwa kegiatan volunteer tersebut bergerak di bidang sosial masyarakat yang dinaungi oleh Yayasan Arah Pemuda Indonesia.

“Kegiatan ini berjalan sejak Januari 2021 dan tujuan saya berkunjung ke Papua untuk mengabdi ke masyarakat daerah 3T ” pungkasnya, Senin (29/3/2021).

ADVERTISEMENT

Masih menurut Jack, seperti yang kita ketahui serta apa yang saya lihat di Papua bahwa pendidikan di sana masih minim.

“Di sana yang banyak hanya sekolah Dasar (SD) dan SMP dan jika ingin melanjutkan di jenjang SMA harus melewati beberapa pulau yang boleh dikata disana banyak pulau-pulau tiap pulau ada beberapa desa yang dihuni,” ujarnya.

Jack juga berharap pemuda Indonesia dari berbagai daerah bisa terpanggil untuk memberi diri atau mengabdi dan memajukan bangsa anak Indonesia bukan hanya di Sulawesi, Kalimantan, Jawa dan sebagainya, tetapi di Papua juga butuh pelayanan pendidikan yang bisa menunjang anak bangsa bisa maju.

“Saya berharap pemuda Indonesia mau membantu membangun pendidikan yang ada di wilayah Raja Ampat. Kita juga tau kalau di Raja Ampat alamnya minim akan kerusakan dan itu yang membuat saya takjub,” tambahnya.

Diketahui Jack saat ini aktif di Program studi Pendidikan Fisika S1 Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan.

(*)

ADVERTISEMENT