Kebakaran Hebat Landa Kawasan Perumahan di Toli-toli, 400 Rumah Ludes, 1 Orang Tewas

590
ADVERTISEMENT
KORANSERUYA–Sedikitnya 400 rumah di kawasan permukiman warga di pelabuhan kontainer, di Jalan Bubara Kelurahan Sidoarjo, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, musnah terbakar, Minggu (2/2/2020) kemarin.

Dilaporkan Kompas, kebakaran di permukiman yang ditinggali buruh pelabuhan itu terjadi sekitar pukul 22.30 Wita. Kebakaran juga menyebabkan satu orang tewas. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 03.00, Senin (3/2/2020).

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll
ADVERTISEMENT

Saat ini korban kebakaran mengungsi ke rumah kerabat dan juga di lokasi pengungsian yang disiapkan BPBD Toli Toli. Sebanyak tujuh instansi terlibat dalam upaya pemadaman api. Hingga kini belum diketahui penyebab pasti kebakaran.

Sementara dua dari 400 rumah penduduk di permukiman kumuh itu lolos dari amukan si jago merah yaitu rumah milik Adam Jumadil dan Muliadi.

ADVERTISEMENT

Adam Jumadil, salah satu pemilik rumah yang selamat dari kebakaran di wilayah itu. “Saya saat itu sedang nonton TV, tiba-tiba ada warga berteriak kebakaran, saya kemudian langsung lari ke rumah menyelamatkan keluarga dan barang berharga lainnya,” kata Adam seperti dilansir Kumparan, Senin (3/2).

Sedangkan, Tim Identifikasi Satreskrim Polres Tolitoli, sudah melakukan olah TKP lanjutan yang dipimpin Kapolres Tolitoli, AKBP Hendro Purwoko, pasca kebakaran hebat tersebut.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Olah TKP lanjutan, Selasa (4/2) dilakukan menyusul olah TKP awal sehari sebelumnya  belum maksimal dilakukan. Saat itu situasi di TKP masih belum memungkinkan. Saat itu, lokasi kejadian masih terasa panas, dan banyak material tajam sisa kebakaran masih berserakan.

“Jadi hari ini kami melakukan olah TKP lanjutan, setelah kemarin kami melakukan olah TKP awal, karena memang belum berani untuk turun, dengan keadaan TKP yang masih panas. Dugaan juga kami belum bisa simpulkan, karena setelah olah TKP, kita kirim hasilnya ke laboratorium. Dari lab baru kita nanti bisa tau apa kesimpulannya,” ujar Hendro Purwoko, mengutip Media Indonesia.

Saat ini terdapat 75 personel Polres Tolitoli diturunkan ke lokasi kejadian untuk membantu korban kebakaran, selama masa tanggap darurat bencana yang telah ditetapkan 14 hari. (*/iys)

ADVERTISEMENT