Kebutuhan 200 Kantong Per Bulan, RSUD Sawerigading Gencar Sosialisasi UTD Transfusi Darah

323
ADVERTISEMENT

PALOPO — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading sebagai salah satu rumah sakit rujukan type B di kota Palopo, Sulawesi Selatan, menggelar kegiatan “sosialisasi dan publikasi terkait pelayanan transfusi darah” dan ditutup dengan kegiatan donor darah.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Kegiatan sosialisasi dilakukan di lantai dua aula rumah sakit yang terletak di kawasan kelurahan Rampoang Kecamatan Bara itu, Senin 9 Desember 2019.

ADVERTISEMENT

Saat membuka acara sosialisasi ini, Direktur RSUD Sawerigading dr Nasaruddin Nawir Sp.OG (K) menyampaikan, sejak diresmikan Walikota Palopo HM Judas Amir, 24 Juni 2019 lalu, dan sejak mendapat ijin operasional dari Dinkes Provinsi Sulsel, Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Sawerigading telah banyak membantu masyarakat atau pasien yang membutuhkan darah.

“Kita sudah mendistribusikan sebanyak 41 kantong darah dalam dua bulan terakhir (sejak Oktober) dan hari ini ada 20 orang pendonor yang akan menyumbangkan darahnya, kita tentu bersyukur UTD di rumah sakit kita mendapat kepercayaan masyarakat,” terang dokter Nasar, sapaan akrab direktur rumah sakit Sawerigading itu.

ADVERTISEMENT

Dengan kegiatan ini, sebut dokter Nasar, diharapkan lebih banyak lagi masyarakat, utamanya warga Palopo yang mengetahui dan memanfaatkan layanan yang baru dua bulan eksis ini.

Dengan adanya UTD di RSUD Sawerigading diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, baik bagi rumah sakit ini sendiri maupun rumah sakit swasta lainnya yang ada di kota Palopo yang pasiennya membutuhkan darah atau trombosit jika di PMI mengalami kekosongan.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Dalam kesempatan itu juga Kepala UTD RSUD Sawerigading, dr Yanty Tandirogang mempresentasikan tentang tata cara melakukan transfusi darah bagi calon pendonor, dimana kebutuhan darah yang ada saat ini, sekitar 200 kantong darah per bulan.

Kepala UTD juga mengurai manfaat donor darah bagi kesehatan calon pendonor serta jenis-jenis donor dan sejumlah kriteria yang harus dipenuhi bagi calon pendonor yang akan menyumbangkan darahnya.

Usai acara sosialisasi di aula lantai dua, peserta kemudian beranjak menuju ruangan UTD yang berada di lantai 1 sebelah kanan gedung utama, untuk mengikuti acara selanjutnya yakni donor darah, dimana pesertanya bukan saja dari kalangan medis tetapi juga dari unsur masyarakat kota Palopo.

Kegiatan ini dihadiri pula Ketua Dewan Pengawas RSUD Sawerigading dr Hj Utiasari Judas M.Kes serta perwakilan rumah sakit dr Palemmai, rumah sakit Bintang Laut, serta Dinas Kesehatan kota Palopo. (Iys)

ADVERTISEMENT