Kedokteran UMB Palopo Dinilai Salah Satu Terbaik di Indonesia, Rektor Uniba : Pantas Menjadi Percontohan Nasional

92
ADVERTISEMENT

PALOPO — Rektor Universitas Balikpapan (UNIBA), Dr. Ir. Isradi Zainal mnelakukan kunjungan ke Fakultas kedokteran Universitas Mega Buana Palopo, Selasa 2 April 2024. Kunjungan tersebut dalam rangka Banchmarking pembukaan Fakultas Kedokteran di Uniba. Dikesempatan itu Rektor Uniba kagum atas pencapaian UMB palopo utamanya, Fakultas Kedokteran.

Dr. Ir. Isradi Zainal saat diwawancara media di gedung lantai 5 Fakultas Kedokteran UMB Palopo tersebut kagum terhadap Fakultas Kedokteran UMB Palopo ini. Ia bahkan optimis, Fakultas Kedokteran UMB Palopo akan menjadi Salah Satu yang Terbaik di Indonesia, “Iya, ada satu keyakinan saya, ini Mega Buana, Fakultas Kedokteran akan menajdi salah satu Fakultas Kedokteran yang terkemuka di Indonesia,”ucapnya disela sela kunjungan di Laboratorium Anatomi. Rektor UNIBA tersebut hadir didampingi tim Task Force UNIBA yang disambut Rektor UMB Palopo, Prof Dr Hj. Nilawati Uly, S.Si, APT, M.Kes, CIPA bersama Tim Task Force Fakultas Kedokteran UMB Palopo.

ADVERTISEMENT

“Saya berkunjung ke UMB Palopo ini atas rekomendasi dari Kementerian, ia menyatakan bahwa ada satu kampus yang fakultas kedokterannya baru berdiri, maksudnya UMB Palopo, namun meski terbilang baru itu bisa dijadikan tempat untuk melakukan bencmarking,”katanya. “Di perjalanan kesini, apa kira kira yang terbaik disini, dan setelah melihat ini, saya yakin UMB Palopo akan menjadi salah satu FK terbaik meski jauh dari makassaar, tidak butuh waktu lama, apalagi sudah ditunjang dengan fasilitas yang ada, kampus ini menjadi salah satu FK terbaik,”sebutnya.

Ia mengaku turut berbangga akan hadirnya Fakultas Kedokteran UMB Palopo, suatu kampus yang berada di daerah namun menjadi percontohan Nasional, “kelihatan UMB Palopo ini sangat memenuhi syarat, saya tidak menyangka kampus yang baru ini, bisa sangat maju, memang kampus itu akan hebat kalau dipimpin orang hebat,”jelasnya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Rektor UMB Palopo, Prof Hj. Nilawati Uly saat menyambut kedatangan Rektor Uniba, Dr. Ir. Isradi Zainal bersama tim Task force menggambarkan proses perencanaan dan pendirian UMB Palopo dan Fakultas Kedokteran, ia juga berbagi tips dalam menghadapi visitasi. Ia juga menyampaikan terima kasihnya atas kunjungan Rektor Uniba bersama tim, dimana ini menjadi suatu kehormatan bagi UMB Palopo untuk bisa berbagi pengalaman.

Dalam kesempatan itu, Rektor UMB Palopo, Prof Hj. Nilawati Uly juga mengungkapkan, baru baru ini ada dua perguruan tinggi yang juga melakukan studi tiru, adalah Institut Citra International, Tanggal 18 maret 2024 dan Institut Mekongga pada 25 Maret 2024, lalu dan pihak Uniba. “Tentunya kami berterima kasih atas kunjungannya ke UMB Palopo, khususnya kepada Uniba yang pada hari ini hadir bersama,”katanya.

Diketahui SK penyelenggaraan Fakultas Kedokteran UMB Palopo, diterbitkan pada 28 Februari 2024, lalu, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan,kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 221/E/0/2024, Tentang Izin Pembukaan Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi Pada Universitas Mega Buana Palopo di Kota Palopo Yang Diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo. Dan diserahkan pada, Rabu 13 Maret 2024 oleh Direktur Kelembagaan Kemendikbud Ristek Dikti.

Dengan SK tersebut Fakultas Kedokteran UMB Palopo telah melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2024/2025 dengan dua program studi yakni S1 Kedokteran dan Profesi dokter yang dibagi dalam dua periode pendaftaran yakni Batch 1, 12 Maret hingga 3 Mei 2024 dan Batch 2 3 Mi hingga 6 Juli 2024. “Kami sudah melakukan proses penerimaan mahasiswa baru, bisa mendaftar secara online melalui website, pmb.umegabuana.ac.id. (*)

ADVERTISEMENT