Kelompok Nelayan Palopo Terima Bantuan Pemkot

1014
Pj Walikota Palopo, Andi Arwien menyerahkan bantuan kepada kelompok nelayan secara simbolis.
ADVERTISEMENT

PALOPO — Pj Walikota Palopo, Andi Arwien Azis menyerahkan secara simbolis bantuan sarana dan prasarana perikanan kepada kelompok nelayan dan pembudidayaan ikan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Palopo, Rabu (29/8/18).

Arwien mengatakan, selaku warga Palopo patut bersyukur atas segala limpahan potensi kelautan dan perikanan yang diberikan oleh Allah SWT. Potensi kelautan dan perikanan yang ada telah mampu memberi penghidupan atas keluarga dan masyarakat, bahkan daerah kabupaten tetangga pun mendapatkan manfaat atas potensi tersebut.

ADVERTISEMENT

Lanjutnya, bantuan yang disalurkan adalah sebagai bukti pemerintah tidak tinggal diam terhadap kepentingan dan kebutuhan masyarakat nelayan. “Karenanya pemerintah akan senantiasa memberi dukungan optimal demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Meski bantuan ini masih sifatnya terbatas, namun pemerintah berkomitmen untuk memberi sentuhan kepada semua masyarakat nelayan secara bertahap,” kata Arwien.

Andi Arwien juga berharap agar bantuan yang diterima harus memberi nilai tambah bagi usaha yang dilakoni oleh para nelayan dengan melakukan upaya produktivitas sehingga dengan demikian diharapkan dapat membantu menopang penguatan kesejahteraan para nelayan beserta keluarga.

ADVERTISEMENT

Selain itu, Andi Arwien juga berpesan kepada Dinas Perikanan agar tak henti-hentinya mengalokasikan anggaran masyarakat untuk eksternal bukan internal, harus mengutamakan masyarakat. “Dari tahun ke tahun, jika hari ini kita berikan 10 unit perahu kiranya tahun depan bisa kita tingkatkan. Bantuan yang diterima harus bernilai nilai tambah sehingga dapat membantu menopang kebutuhan masyarakat. Dan kiranya bantuan ini dapat tersalurkan dengan tidak melihat latar belakang kelompok,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ilham Hamid dalam laporannya menyampaikan bahwa ada dua kelompok nelayan yang diserahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan yaitu kelompok perikanan tangkap dan kelompok perikanan budidaya.

Di mana sarana dan prasarana perikanan yang diserahkan berupa perahu sebanyak 65 unit dengan jumlah penerima 10 kelompok, Gill Net Millenium UK 5 Inch sebanyak 35 unit dengan jumlah penerima 5 kelompok, Gill Net Millenium 3,5 Inch sebanyak 10 unit jumlah penerima 1 kelompok, Gill Net Uk 1,75 Inch sebanyak 10 unit jumlah penerima 3 kelompok, Waring sebanyak 50 Pics jumlah penerima 1 kelompok, Mesin 14 PK 10 unit jumlah penerima 1 kelompok, Mesin 9 PK 10 unit jumlah penerima 2 kelompok dan alat bantu penangkapan ikan (GPS) sebanyak 30 unit jumlah penerima 6 kelompok. “Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat,” kata Ilham.

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut Kabag Humas Setda Kota Palopo, Eka Sukmawati, Kabag Kerjasama Setda Kota Palopo, Yunus, camat dan lurah serta para nelayan penerima bantuan. (hms)

ADVERTISEMENT