Kembalikan Kejayaan Jeruk Malangke, Ini Upaya Dilakukan Pemkab Lutra dan Unanda Palopo

35
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dan Rektor Unanda Palopo, Annas Boceng, menandatangani MoU komitmen mengembalikan kejayaan jeruk Malangke, Selasa (13/9/2022)-- ft/ist-
ADVERTISEMENT

MASAMBA–Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) bersama Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo sepakat untuk mengembalikan kejayaan jeruk Malangke.

Komitmen bersama tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dengan Rektor Unanda Palopo, Annas Boceng, pada Selasa (13/9/2022) lalu.

ADVERTISEMENT

Peneliti Unanda, Taruna menjelaskan, program tersebut diharapkan bisa meregenerasi jeruk Malangke yang pernah ada dengan pendekatan teknologi.

“Agar bibit jeruk Malangke bisa mudah didapatkan oleh petani, tanpa harus mendatangkan bibit dari luar. Dan juga akan dilakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk menyusun roadmap pengembangan jeruk Malangke dari hulu ke hilir, sehingga menjadi dasar kebijakan pemda dalam pengembangan tanaman jeruk,” ucap Taruna.

Taruna menyebut, program multikultural yang melibatkan mahasiswa dan kelompok tani itu juga akan fokus dalam meningkatkan kapasitas petani termasuk sistem kelembagaannya.

Merespon hal itu, Bupati Lutra, Indah Putri Indriani mengatakan, FGD penting dilakukan agar pelaksanaan program lebih terarah.

“Agar kita tahu siapa berbuat apa, di mana, dan kapan pelaksanaannya. Pemda tentu menyambut baik kerjasama ini. Dan saya berharap juga bisa mengambil contoh baik dari tanaman jeruk di Ehime Jepang. Pengembangan kembali jeruk Malangke ini penting untuk memberi masa depan pada kejayaan masa lalu,” tutur bupati perempuan pertama di Sulsel ini. (rls)

ADVERTISEMENT