Kembangkan Potensi Maritim, Walikota Palopo Hadiri Rakornas Aspeksindo

186
Walikota Palopo, HM Judas Amir bersama sejumlah kepala daerah lainnya menghadiri rakornas aspeksindo di Bali.
ADVERTISEMENT

DENPASAR — Walikota Palopo, HM Judas Amir menghadiri rapat koordinasi nasional (rakornas) Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) yang dilaksanakan di, Hotel Novotel, Ngurah Rai Airport Denpasar, Bali.

Rakornas Aspeksindo ini berlangsung tanggal 26-28 Agustus 2019, dengan mengangkat tema “Inovasi Maritim, Bangun Indonesia Unggul” yang dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Prof Ali Ghufron Mukti, mewakili Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof Mohammad Nasir.

ADVERTISEMENT

Ali Ghufron dihadapan kurang lebih 40 kepala daerah dan wakil kepala daerah, para Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, serta pengurus Aspeksindo, mengatakan bahwa daerah pesisir merupakan salah satu daerah istimewa, karena memiliki beberapa potensi yang dapat di kembangkan.

“Daerah pesisir memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh daerah lain, dari sektor kelautan, peternakan dan wisata kesemuanya ini dapat kita kembangkan untuk menjadi devisa dan pendapatan daerah,” ungkapnya.

Ia berharap Rakornas ASPEKSINDO 2019 kali ini dapat menghasilkan gagasan-gagasan baru untuk kemajuan maritim Indonesia. “Selain itu, juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Daerah Kepulauan dan Pesisir Indonesia,” katanya.

Rakornas Aspeksindo juga dihadiri oleh Ketua Umum Aspeksindo yang juga Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas’ud, Sekjend Aspeksindo, Sokhaitulo Laoli serta Bendahara Umum Aspeksindo, Evangelin Sasingen.

Rakornas ini juga diisi dengan rangkaian acara berupa, seminar nasional, workshop, call for paper, kunjungan lapangan pengelolaan potensi maritim, serta acara intinya yakni rapat koordinasi nasional dalam penguatan program-program. Turut hadir mendamping Walikota Palopo dalam Rakornas Aspeksindo ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ilham Hamid. (asm)

ADVERTISEMENT