Kenakan Pakaian Adat Nusantara, Wakil Bupati Luwu Utara Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

74
Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur (Foto : Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Senin (31/10/2022). Upacara itu dipimpin Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur.

Pada kesempatan itu, Suaib Mansur membacakan sambutan seragam Menpora. Dia mengatakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

ADVERTISEMENT

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” ujar Suaib.

Suaib juga menjelaskan Sejarah menjelaskan, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

“Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang,” katanya.

Turut Hadir pada kegiatan itu Ketua DPRD Luwu Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Perwira Penghubung, Danki Brimob Baebunta. (rls)

ADVERTISEMENT