Kenalkan, Ini Roti dan Sirup Patikala Buatan Siswa SMKN 1 Palopo Sendiri

124
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pandemi Covid-19 tak menghalangi kreatifitas dan semangat siswa-siswi SMKN 1 Palopo dalam membuat terobosan dan berkarya.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Baru-baru ini, mereka berhasil membuat sebuah karya cukup spektakuler berupa bahan hasil pertanian yang diubah menjadi sebuah produk unggulan bermutu tinggi.

ADVERTISEMENT
Guru dan siswa jurusan tata boga, berjibaku dengan semangat, membuat roti serta sirup yang bermanfaat bagi kesehatan, yakni sirup Patikala.
Ketua jurusan Tata Boga SMKN 1 Palopo, Dra Ermy mengatakan, kegiatan produksi roti ini sebagai pelatihan pengetahuan dan wawasan bagi siswa, dalam membuat produk unggulan.
“Pelatihan ini untuk melatih siswa kami untuk tetap berkreasi, melahirkan produk unggulan, dan alhamdulillah sudah mampu memproduksi roti ala SMKN 1 Palopo bersama dengan sirup Patikala,” terang Ermy, Selasa (20/10/2020), kemarin.
Sementara, Kepala Sekolah SMKN 1 Palopo, Ridwan Rajab mengungkapkan, pelatihan ini sebagai cara guna merespon target “One School One Product”, agar tiap sekolah memiliki atau memproduksi sebuah produk unggulannya masing-masing.
“Tiap sekolah, harus memiliki produk unggulan untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha, dan juga berguna bagi masyarakat, sehingga saat adik-adik ini telah menjadi alumni dan lulus, bisa ikut berwirausaha,” sebut Kepsek SMKN 1 Palopo.
Produk sirup Patikala yang dibuat para siswa SMKN 1 Palopo, lanjut Ridwan, berguna bagi kesehatan tubuh seperti dapat menambah nafsu makan, karena mengandung sumber kalium, kalsium, zat besi, serat, fosfor, magnesium serta juga bisa mencegah dehidrasi.
Rencananya, produk-produk ini akan ikut dipamerkan oleh sekolah yang terletak di Jalan Andi Pangerang Luminda Wara Utara itu, untuk mewakili salahsatu kuliner khas Palopo di ajang-ajang promosi pariwisata tingkat Provinsi Sulsel. (*/iys)

ADVERTISEMENT