Kepala PKM Masamba Luwu Utara Pastikan Gratis Pengobatan Jika Ada Keluhan Pascavaksin

175
Yayu Winarti, Kepala Puskesmas Masamba. (dok. Pribadi)
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA – Yayu Winarti, Kepala Puskesmas Masamba, kecamatan Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, menegaskan jika ada keluhan warga pasca vaksinasi dan ingin memeriksa kesehatannya, maka akan digratiskan.

“Untuk wilayah kecamatan Masamba, saya pastikan tidak ada biaya pengobatan jika ada keluhan jika ke Puskesmas,” ujar Yayu Winarti Kamis (20/01/2022).

ADVERTISEMENT

Ditemui awak media di ruang kerjanya, Yayu Minarti menjawab keresahan banyak warga yang mengkhawatirkan akan menanggung sendiri biaya pengobatan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Saya yakin semua wilayah Puskesmas di Luwu Utara juga lakukan hal yang sama tentang gratis pungutan biaya ini,” terangnya.

Yayu juga berharap warga saat menjalani screening sebelum vaksin agar memberikan jawaban yang benar dan tidak menyembunyikan keluhan atau riwayat penyakitnya.

“Intinya adalah jujur memberikan infomasi, karena medis tidak akan tahu jika ada penyakit bawaan atau hal lainnya jika tidak disampaikan oleh warga sendiri,” lanjutnya.

Tentang warga yang pingsan pasca vaksin, Yayu membeberkan jika hal itu sudah sering terjadi dibeberapa wilayahnya. Namun menurutnya hal itu bukan hal fatal karena bisa ditangani pihak medis di tempat itu juga.

“Jangan panik jika pihak keluarga yang pingsan dilokasi vaksin. Berikan pihak kami untuk segera lakukan penanganan sesuai standar kesehatan,” kuncinya. (byu)

ADVERTISEMENT