Keren! 15 Siswa SMKN 2 Palopo Ikut Pelatihan Skill Bahasa Jepang dan Mandarin

94
ADVERTISEMENT
PALOPO–Sebanyak 15 siswa SMKN 2 Palopo ikuti pelatihan skill bahasa Jepang dan Mandarin yang digelar di Hotel Harapan, 16-18 Oktober 2020  baru-baru ini.
Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang diikuti oleh 50 peserta dari para pelajar SMKN Negeri sekota Palopo ini sebagai upaya dinas pendidikan provinsi Sulawesi Selatan untuk mendukung program pemerintah dalam penyerapan pasar tenaga kerja untuk keluar negeri.
Wakasek Kesiswaan SMKN 2 Palopo, Suparman mengatakan kegiatan pelatihan yang diikuti oleh para siswa ini sangat baik karena nantinya dapat membantu mereka untuk bekerja ke luar negeri.
“Kami berharap mereka bisa mengikuti pelatihan ini, menyimak dengan baik materi yang diberikan dalam pelatihan ini, karena ini sangat berguna bagi masa depan mereka jika nantinya akan bekerja di luar negeri, dimana kondisi Jepang serta beberapa negara lain yang mengalami situasi yang sama, banyak membutuhkan tenaga kerja dari luar negeri, maka inilah peluang bagi para pejuang dan pahlawan devisa,” ujar Suparman.
Adapun dalam pelatihan ini para peserta pelatihan akan mendapatkan dua sertifikat sekaligus, yakni Sertifikat Bahasa Jepang setingkat N4 dan Sertifkat Kompetensi Teknis Caregiver/Careworker dari Prometric, yang keduanya merupakan syarat utama untuk dapat bekerja di Negeri Matahari Terbit itu. (jun)

ADVERTISEMENT