Kerjasama dengan YKKI Makassar, Bapenda Palopo Gelar Sosialisasi Pencegahan Kanker dan Tumor

92
Bekerjasama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) Makasar menggelar sosialisasi kesehatan kanker dan tumor. (Foto : Ayub Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Bekerjasama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) Makasar menggelar sosialisasi kesehatan kanker dan tumor.

Sosialisasi itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker dan tumor di lingkup ASN di Bapenda Palopo, Senin (20/6/2022). Dengan begitu, mereka dapat melakukan pencegahan sejak dini terhadap penyakit mematikan itu.

ADVERTISEMENT

Kehadiran YKKI Makasar di sambut baik oleh jajaran, Bapenda Palopo atas kerjasamanya untuk mensosialisasikan bahayanya kanker dan tumor. Seperti diketahui, kanker dan tumor salah satu penyakit berbahaya bagi manusia.

Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Palopo, Muhammad Ibnu Hasyim, yang diwakili Kasubang Umum Kepegawaian, Andika mengucapkan terimakasih atas sosialisasi yang di programkan oleh YKKI Makasar.

“Sosialisasi seperti ini sanggat bermanfaat bagi kita mengetahui apa sebenarnya penyebab kanker. Setelah diketahui penyebabnya, kita bisa melakukan pencegahan agar kanker dan tumor tidak menjangkiti kita,” ungkap Andika.

Sementara itu, Darmawati selaku penanggung jawab menyampaikan informasi tentang tumbuhan dan buah yang mengandung zat anti kanker yang bagus untuk dikonsumsi. Tumbuhan itu seperti temu putih, karena kandungan temu putih dipercaya dapat membantu, mencegah dan mengobati kanker dan tumor.

“Kandungan kimia temu putih antara lain cineole, camphane, zingeberene, borneol, camphor, curcumin, resin, curcumol dan curdione yang berkhasiat anti kanker. Tidak hanya itu, buah-buahan yang bagus dikonsumsi yang mengandung zat anti kanker adalah buah sirsak,” ujarnya.

Temu putih adalah salah satu spesies dari famili Zingiberaceae yang telah dikomersilkan penggunaan rhizomanya sebagai tanaman obat dan empon-empon. Temu putih disebut pula sebagai temu kuning. Produk alaminya banyak digunakan dalam industri parfum, pewarna untuk industri pangan, dan sebagai obat atau campuran obat. (ayb)

ADVERTISEMENT